Sebuah pertanyaan yang jawabannya sedikit misteri yakni benarkah bisnis online tanpa modal ? Begini jawabannya, bila anda berpikir bahwa bisnis online tersebut benar-benar gratis / tanpa modal sepersenpun jelas tidak bisa.

Namun, bila anda berpikir bahwa bisnis online membutuhkan modal yang minim sekali, itu bisa. Misalnya modal untuk menyewa computer di warnet, menyewa jaringan internet di rumah anda, dan sebagainya.

Artikel terkait : Cara Mudah Memulai Bisnis

Bisnis Online Tanpa Modal dan Grratis ?
Bisnis Online Tanpa Modal dan Gratis ?

2 Hal Penting Bisnis Online

Ada 2 hal penting pada bisnis online, dari 2 hal tersebut anda harus memilih satu. Pertama, memiliki produk (barang/jasa). Kedua, tak memiliki produk, misalnya affiliate, dropshiper, atau penyedia slot iklan di internet. Secara detainya berikut…

1. Memiliki Produk

Produk yang anda dagangkan bisa berupa barang atau jasa. Jasa bisa dengan menggunakan keterampilan anda sendiri. Misalkan anda mempunyai keterampilan menulis, langsung saja promosikan secara online, katakana pada dunia bahwa anda membuka jasa menulis. Dan sebenarnya bisnis online ( memiliki produk ) yang membedakannya dengan bisnis dunia nyata adalah cara promosinya.

–       Bisnis Online Gratis di Facebook

Cukup mudah berbisnis online di facebook. Caranya dengan membuat dan membangun fans page tentang usaha anda. Carilah like atau fans sebanyak-banyaknya, beritahu teman-teman facebook anda untuk ngelike fans page tersebut. Gunakan fans page tersebut sebagai media promosi.

Saya rasa orang pergi ke facebook bukan untuk berbelanja, tapi ngegosip, chatting, dll. Benar, untuk itu cara termudah agar jualan anda laku adalah dengan menjual hal yang unik dan trendy pada saat ini. Misalnya niche tentang artis, k-pop, olahragawan, dll.

Baca juga:  Inilah Efektivitas Promosi Berbayar via Internet, Anda Harus Coba

Baca juga ini : Cara Bisnis Online Rahasia

–       Bisnis Online Tanpa Modal di Blog

Cara lain berbisnis online adalah pada blog. Promosikan produk anda tersebut disana. Setidaknya orang tau bahwa anda berjualan hal yang diketikanya pada search engine.

Sangat mudah berbisnis online di blog. Ketikkan detail produk anda, masukkan foto produk tersebut, beri info menarik lainnya, dan penawaran khusus. Hipnotislah agar pembaca tertarik untuk membeli produk anda, hipnotisnya melalui penawaran khusus ya … Hal yang harus ada pada bisnis online dengan membuat toko online :

  1. Halaman berisi deskripsi produk.
  2. Cara pemesanan.
  3. Cara pembayaran.
  4. Profil, Nomor kontak, dan Alamat usaha anda.
  5. Testimonial.

Bisnis Online Tanpa Modal “Lainya”

Cara lain berbisnis online tanpa modal yakni dengan berpromosi di marketplace, forum, dan social media lainya. Isikan 5 hal yang harus ada pada bisnis online diatas. (deskripsi, pemesanan, cara pembayaran, profil, dan testimonial).

Marketplace :

  1. olx.co.id
  2. berniaga.com
  3. jualo.com
  4. tokopedia.com
  5. fjb.kaskus.com

2. Tak memiliki produk.

Ide lain berbisnis online gratis adalah membangun blog, lalu memonetizenya menjadi ladang uang. Yang harus anda capai untuk bisnis online tanpa modal dengan blog yakni visitor yang banyak, konten berkualitas, dan terupdate.

Oh iya (bisnis online dengan blog) berbeda dengan (bisnis online dengan blog sebagai toko online). Jika blog itu mengandalkan konten sedangkan blog sebagai toko online mengandalkan produk.

Baca juga:  7 Dosa Penyebab Akun Google Adsense DiBanned

Baca juga ini : 6 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Bisnis Online dengan blog lebih mengutamakan konten dan bila visitor blog anda telah mencapai ratusan / ribuan cobalah untuk membuat slot iklan dan ikuti program pay per click. Dan satu lagi bangunlah blog dengan niche khusus, misalnya niche tentang game, olahraga, dan sebagainya. Tanpa Modal bukan berarti tak akan sukses. Namun, perjuangan andalah yang akan membawa kepada kesuksesan. Semoga bisnis apa yang anda jalani bermanfaat bagi masyarakat. Semoga menginspirasi anda.

Terima kasih telah membaca artikel Benarkah Bisnis Online Tanpa Modal. Semoga bermanfaat keep work !