Bisnis-Minuman-Kemasan

Minuman sebagai kebutuhan pokok manusia memang akan selalu dicari sampai kapan pun. Sebagai salah satu kebutuhan primer, minuman menjadi penting untuk dikonsumsi guna menjaga kestabilan tubuh manusia. Komposisi tubuh manusia yang 2/3 atau sekitar 60% hingga 70% nya adalah porsi atau bagian untuk air jelas merupakan sesuatu yang krusial untuk dipenuhi. Jika manusia kekurangan air (dehidrasi), maka beberapa fungsi tubuh biasanya menjadi tak maksimal. Menurut beberapa artikel kesehatan yang ada orang yang tubuhnya kekurangan air akan sulit berkonsentrasi, kulit menjadi kusam, mengganggu fungsi ginjal, sel-sel otak menjadi tak aktif, halusinasi hingga berakibat kematian.

Dari faktor-faktor diatas, maka beberapa pihak mencoba peruntungan untuk menjadikan minuman menjadi salah satu komoditas yang dikomersilkan. Awalnya memang bisnis ini kurang menguntungkan karena manusia masih menganggap air sebagai hal yang mudah didapat dan melimpah. Jadi mereka tak mau mengeluarkan ongkos hanya untuk minum. Namun kini, bisnis minuman, terutama minuman kemasan kini sedang marak dan menggeliat. Kalau dahulu mungkin kita hanya mengenal beberapa jenis minuman kemasan, namun sekarang beragam jenis minuman kemasan dengan berbagai rasa akan sangat mudah kita jumpai. Maka dari itu minuman yang hadir dalam konsep kemasan ini merupakan fenomena tersendiri yang harus dicermati. Lalu apa yang menjadikan bisnis minuman kemasan ini begitu marak dan menggeliat? Berikut ulasannya.

Krisis Air Bersih

Selain faktor kebutuhan pokok dan kesehatan, berkembangnya bisnis minuman air kemasan ini tak lepas dari keadaan lingkungan yang ada. Ya lingkungan tempat dimana manusia hidup kini semakin mengkhawatirkan. Berbagai pencemaran dan polusi yang ada membuat lingkungan menjadi rusak. Salah satu sumber daya yang terkena imbas dari rusaknya lingkungan ini adalah air (air bersih). Meskipun air adalah sumber daya yang dapat diperbarui, namun keberadaan air yang bersih dan layak konsumsi ini dari tahun ke tahun semakin berkurang. Orang-orang yang berpandangan jauh ke masa depan lalu menjadikan hal ini sebagai peluang untuk membuka bisnis. Dan saat ini telah terbukti bahwa bisnis minuman kemasan ini telah sukses dan berjaya.

Baca juga:  7 Dosa Penyebab Akun Google Adsense DiBanned

Global Warming

Global warming atau pemanasan global adalah hal yang juga membuat bisnis minuman kemasan ini marak dan menggeliat. Global warming menjadikan lingkungan dihampir semua negara menjadi panas. Saat cuaca dan suhu udara disekitar kita panas, tubuh kita menjadi cepat berkeringat dan akibatnya kita mengalami dehidrasi. Ketika tubuh dehidrasi inilah air menjadi sesuatu yang dibutuhkan secepatnya. Maka disinilah minuman kemasan memainkan perannya yang kemudian jadi pilihan banyak orang yang paling efektif dan efisien saat cuaca panas karena gobal warming.

Kepraktisan

Cara hidup manusia modern saat ini memang seringkali membutuhkan hal-hal yang simple dan praktis. Meraka tak suka dengan hal-hal yang ribet dan serba sulit. Maka saat mereka dilanda haus, mereka akan lebih memilih minuman kemasan yang mudah didapat dan praktis untuk mengatasi rasa haus tersebut. Daripada membuat minuman sendiri yang butuh waktu, mereka lebih baik mengeluarkan uang untuk membeli minuman kemasan yang bisa langsung dikonsumsi. Minuman kemasan memang didesain praktis untuk memenuhi  kebutuhan manusia modern yang cepat dan sibuk setiap waktu. Karena hal inilah minuman kemasan menjadi favorit banyak orang dan memicu menjamurnya produk minuman-minuman kemasan sebagai imbas bisnis yang ada.

Tingginya Aktivitas

Aktivitas manusia modern terutama di lingkungan perkotaaan memang sangat tinggi. Waktu seperti seakan menjadi hal yang sangat penting untuk dimaksimalkan dan diberdayakan. Diperkuat dengan arus transportasi yang masih belum baik, maka seringkali orang-orang kota ini banyak kehilangan waktu. Saat mereka dihadapkan pada keadaan haus dan dehidrasi tentu mereka akan mencari pelepas dahaga yang mudah, cepat dan praktis. Minuman kemasan akhirnya menjadi pilihan untuk mereka yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Baca juga:  Beberapa Bisnis Kreatif Yang Cocok Untuk Kaum Muda

Segudang aktivitas dengan jumlah waktu yang terbatas ini mau tak mau memang mengharuskan masyarakat perkotaan merogoh kocek untuk mengkonsumsi minuman kemasan. Bahkan beberapa dari mereka telah menjadikan minuman kemasan sebagai anggaran tersendiri dalam kehidupan sehari-harinya. Dari keadaan ini tentu saja akan menjadikan bisnis minuman kemasan laris manis. Maka tak ayal, bisnis minuman kemasan ini lalu menjadi marak dan menggeliat diseluruh daerah.