Berjualan-di-Facebook-Ternyata-Mudah-01Salah satu alasan berjualan di Facebook itu mudah, dikarenakan Facebook memiliki lebih dari 1,28 milyar pengguna aktif setiap bulan. Jumlah sebesar ini merupakan jumlah yang sangat berarti untuk perkembangan bisnis anda. Meskipun demikian, tidak dari mereka semua merupakan pelanggan potensial anda. Seandainya saya mengambil sebuah kesimpulan, bahwa anda hanya mampu untuk menargetkan 100.000 member aktif pengguna Facebook, hal ini dapat memiliki dampak yang luar biasa untuk bisnis Anda. Facebook sendiri akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat, sehingga jumlah pelanggan anda juga akan berkembang. Jika anda tidak mencoba untuk membuka toko online di Facebook, maka kesempatan ini akan hilang begitu saja.

Dulu jika anda ingin membangun sebuah bisnis melalui internet, yang perlu dilakukan adalah menentukan sebuah nama domain kemudian anda membuat sebuah website atau toko online, anda juga harus memperbaiki tampilan website, mengisi konten yang ada didalamnya, kemudian meningkatkan hasil pencarian toko online anda pada situs pencarian seperti Google, dan mengeluarkan biaya iklan tambahan untuk menarik konsumen agar datang pada toko online anda. Tentu hal ini tidak akan jadi masalah jika perusahaan besar yang membuatnya. Lalu bagaimana dengan perusahaan atau startup yang menjual barang dagangannya secara retail atau usaha mikro kecil yang memiliki keterbatasan berkaitan dengan modal?

Melihat peluang pemasaran online yang terus meningkat dari tahun ke tahun Facebook yang merupakan salah satu situs jejaring sosial terpopuler ini mampu melihat potensi pemasaran di internet dengan memanfaatkan fasilitas fanspage pada salah satu fiturnya yang bisa digunakan untuk berjualan. Mengapa facebook? Jika dibandingkan dengan biaya pembuatan website, biaya untuk optimasi seo, maupun biaya iklan dan belum juga biaya promosi lainnya, tentu sangat memberatkan bagi penjual retail. Melalui fanspage ini penjual retail tidak perlu merasa takut untuk bersaing dengan beberapa perusahaan yang sudah besar sekalipun. Ini merupakan sebuah kesempatan bagi anda untuk membuka sebuah facebook store.

Baca juga:  Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Tetap Aman Bersosial Media

Jadi Apa yang dimaksud dengan Facebook Store?

Facebook memungkinkan anda untuk membuat sebuah toko di Facebook Page. Halaman Facebook adalah halaman khusus yang dapat anda atur untuk bisnis anda, sehingga sangat berbeda dengan akun Facebook pribadi anda. Disini penulis tidak membicarakan cara mengatur Facebook Page untuk bisnis anda, karena tutorial itu dapat anda peroleh dengan mudah melalui mesin pencarian seperti Google. Setelah anda memiliki halaman Facebook itu, anda benar-benar dapat mengatur toko Facebook anda sebagai salah satu tab di Halaman anda. Pengaturannya pun sangat muda sehingga anda tidak begitu banyak mengalami kesulitan jika dibandingkan dengan pembuatan website maupun toko online, hanya melakukan beberapa langkah kecil saja anda sudah bisa membuat fanspage yang dijadikan tempat untuk pemasaran produk anda. Mulai dari pembuatan halaman baru, setting profile, dan design tampilan header, maka setting awal sudah selesai. Anda tinggal melakukan update konten secara rutin, agar para pelanggan yang potensial dapat tertarik dengan bisnis yang anda tawarkan.

Mudah Dalam Menjangkau Konsumen

Dengan jumlah member Facebook yang besar sekitar 1,28 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Tentu hal ini merupakan pasar yang cukup bagus bagi perusahaan maupun startup yang baru mulai menjalankan bisnis mereka secara online. Pasar sudah tersedia hanya perlu melakukan beberapa langkah saja untuk menjangkau konsumen agar menjadi fans pada fanspage yang anda kelola.

Baca juga:  Media Sosial yang Tidak Efektif Untuk Pemasaran Online

Dukungan Tools yang Lengkap

Jika Anda tahu, ada beberapa tools dukungan untuk meningkatkan penjualan melalui fanspage. Dimana tools tersebut telah dirancang oleh Facebook sedemikian rupa untuk membantu kegiatan berpromosi Anda pada fanspage. Seperti tools untuk mengumpulkan polling, kemudian share gambar, setting update status otomatis, bahkan ada tools client yang bisa diintegrasikan dengan fanspage, sehingga tampilan fanspage bisa selayaknya toko online pada umumnya.

Setting Iklan Lebih Mudah

Dengan mengkombinasikan beberapa tools yang ada pada fanspage, Anda juga bisa mempromosikan fanspage untuk mendapatkan dan menjangkau fans yang lebih banyak lagi dengan melakukan setting iklan yang telah disediakan oleh facebook. Tidak hanya mempromosikan fanspage. Tapi Anda juga bisa mempromosikan status yang berisi penawaran khusus maupun diskon untuk meningkatkan sales pada produk Anda.

Nah, bagaimana? Cukup lumayan powerfull bukan. Jadi bagi anda yang ingin mencoba untuk berjualan dengan menggunakan Facebook, anda tidak harus mengeluarkan biaya yang sangat besar. Anda juga tidak harus memiliki toko online berupa website, anda bisa melakukan penjualan produk retail maupun berskala grosir sekalipun, cukup dengan menggunakan facebook. Selamat Mencoba!