Tips-Bisnis-Kafe

Berbisnis kedai atau kafe kopi tampaknya sudah banyak dilirik, baik itu secara waralaba maupun mandiri. Keduanya memang tidak menjadi masalah asalkan lancar-lancar saja dan Anda mendapatkan keuntungan. Hanya saja bila bisnis kafe kopi Anda waralaba, dimungkinkan akan lebih mudah dengan layanan distribusi dan dukungan lain.

Namun untuk usaha bersifat mandiri Anda akan lebih leluasa berkreasi dan mendapatkan keuntungan penuh. Yang pasti dalam bisnis kedai kopi dalam pandangan sosial ada beberapa tingkatan, mulai dari kaki lima yang umumnya berada di pinggir-pinggir jalan sampai kedai kopi yang sudah memiliki konsep kafe (bukan kaki lima) baik untuk menengah kebawah maupun untuk kalangan atas.

Pembahasan kali ini lebih berfokus pada kedai kopi yang berbentuk kafe dimana kami akan memberikan beberapa tips bagi Anda yang beminat untuk bisnis kafe kopi. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Tips Tempat Kedai Kopi

Sebenarnya tidak harus berada di jalan protokol atau jalan utama kota. Bahkan kedai kopi lebih pas berada di kawasan jalan biasa, yang berada di dekat kampus, sekolah, dan perkantoran. Perbedaan kafe dengan restoran adalah luas kafe yang tidak terlalu dituntut luas, asalkan tetap memiliki lahan parkir. Lokasi yang berdekatan dengan kampus atau perkantoran dianggap cocok karena target pelanggan adalah para mahasiswa maupun pekerja kantor yang sedang melepas lelah.

2. Berikan Fasilitas Lebih

Banyak penikmat kopi yang masih fanatik dengan kafe langganannya, beberapa alasan mereka adalah karena fasilitas lebih yang disediakan oleh pihak kafe itu sendiri. Beberapa fasilitas yang sepertinya cocok adalah ketersediaan jaringan internet WiFi atau Hot Spot, toilet, pendingin ruangan, pilihan tempat dengan kursi maupun lesehan, atau bahkan jika memungkinkan Anda juga harus menyediakan area khusus untuk meeting. Setidaknya Anda memberikan sebagain dari fasilitas tersebut. Alhasil dengan memberikan fasilitas lebih semacam ini akan membuat kafe Anda memiliki pelanggan setia.

Baca juga:  Lulusan SMK Lebih Siap Untuk Berwirausaha

3. Jangan Terlalu Cepat Tutup

Kafe kopi adalah tempat ‘nongkrong’ yang asyik bagi kalangan muda-mudi. Bahkan banyak penikmat kopi yang menghabiskan malamnya di kedai-kedai kopi. Jadi jangan heran bila ada banyak kafe kopi yang buka hingga larut malam, diatas jam 12 malam. Memang Anda harus berkorban waktu, tetapi ini justru mengindikasikan bahwa orang-orang nyaman berada di kafe Anda. Mungkin trik terbaik adalah dengan mulai membuka kafe sore hari. Apabila ingin buka siang dan malam maka solusinya adalah memiliki tenaga karyawan yang bersedia shift hingga malam hari.

4. Acara Mungkin Mengadakan Acara

Apa jadinya orang yang berada di kafe Anda hanya menghabiskan waktu untuk mengobrol saja. Tentu akan lebih berguna jika Anda juga sesekali mengadakan acara mini yang bisa menguntungkan. Sebagai contoh adalah diadakannya acara nonton bareng pertandingan sepakbola. Tentu orang akan lebih tertarik dan berbondong-bondong mengunjungi kafe Anda, kemudian memesan kopi dan menghabiskan waktu bersama dalam acara tersebut. Ini adalah salah satu strategi jitu menarik banyak pelanggan. Tetapi Anda juga harus memiliki perangkat televisi atau LCD Proyektor yang menunjang.

5. Miliki Banyak Menu Kopi

Semakin banyak menu kopi yang tersedia akan semakin baik, karena tidak semua orang menyukai kopi sejenis. Sebagai contoh Anda bisa menyediakan menu kopi hitam, kopi Espresso, Cappucino, Kopi Tubruk, dan lain sebagainya.

Baca juga:  6 Hal Sepele Yang Bisa Menghambat Bisnis Online Anda

6. Makanan Ringan Juga Sebaiknya Disediakan

Kafe kopi adalah tempat yang nyaman untuk bersantai, dan kebanyakan orang minum kopi tidak dengan makanan berat. Jadi akan salah langkah bila Anda memiliki kafe kopi namun menyediakan menu makanan berat seperti nasi goreng, steak atau bakso. Menu makanan yang cocok pada kedai kopi adalah jenis makanan ringan seperti kue kering, kentang goreng, pisang keju, sandwich, kacang-kacangan dan berbagai makanan ringan lainnya.

7. Desain Logo Kafe Yang Menarik

Setiap kafe pasti memiliki logo tersendiri, kecuali kafe waralaba yang dibuat sama. Jika Anda tidak memiliki skill dan kehalian dalam mendesain, gunakan jasa desain grafis yang mampu membuat logo menarik. Logo kafe kopi umumnya tidak terlalu rumit dan terkesan sederhana yang biasanya menggunakan gambar gelas kopi atau biji kopi. Bahkan banyak pula kafe yang mengadopsi logo mirik kafe kopi terkenal seperti Starbucks.

Selamat merasakan nikmatnya berbisnis kopi.