Bermain-SEO

Bagi sebagian blogger, SEO adalah hal yang terutama, hal yang paling dipentingkan dan yang harus diperjuangkan. Tidak salah jika Anda memang sangat mementingkan masalah optiimisasi mesin pencari karena ini termasuk sebagai serangkaian proses yang dilakukan dengan cara sistematis dan tujuannya adalah untuk meningkatkan volume maupun meningkatkan kualitas trafik kunjungan blog atau halaman website Anda.

Tehnik ini memungkinkan pengunjung untuk masuk lewat mesin pencari menuju situs web dengan mekanisme kerja maupun algoritma mesin pencari yang digunakan itu. Dengan penempatan pada posisi teratas pada hasil pencarian dengan kata kunci tertentu dianggap sebagai cara jitu meningkatkan peluang sebuah perusahaan dalam pemasaran produk berbasis web. Sayangnya banyak diantara mereka yang ternyata sudah ‘mabuk’ dengan SEO dan kebablasan dalam memanfaatkannya. Kami harap Anda tidak termasuk dalam itu.

Berikut ini ada beberapa nasehat bijak untuk Anda yang sangat memperjuangkan SEO:

  1. Untuk nasehat pertama adalah membuat halaman blog atau web untuk sepenuhnya membuat pengunjung merasa nyaman serta memberikan manfaat. Ingatlah bahwa Bounce Rate dan Daily Page on Site adalah salah satu syarat yang mutlak untuk menjadi Blog yang benar-benar SEO. Pastikan halaman Anda tidak berat dibuka, tidak dengan desain berlebihan serta memiliki konten yang benar-benar informatif dan berguna.
  2. Kemudian yang kedua adalah jangan pernah untuk mencoba mengelabuhi pengunjung maupun search engine dengan menyelimuti konten. Hal ini mengingat ada banyak oknum yang mencoba menyembunyikan dengan menyamakan warna Tag (keyword) menggunakan warna yang selaras dengan CSS karena ini sama saja dengan bentuk penipuan terhadap pengunjung.
  3. Pastikan dengan seksama bahwa unsur-unsur seperti <title> maupun atribut alt bersifat deskriptif serta se-akurat mungkin. Setidaknya Anda dapat menuliskan alt terutama pada setiap gambar dengan menjelaskan apa isi gambar tersebut.
  4. Bermitralah dengan sesama blogger atau owner website. Ingatlah dengan prinsip kerja PageRank, dimana umum dapat dikatakan bahwa sebuah halaman web bisa memperoleh peringkat tinggi karena halaman web tersebut banyak di-link oleh halaman web atau blog lain. Jadi apakah Anda masih enggan untuk bermitra?
  5. Patuhi peraturan yang telah ditetapkan, sebagai contoh pihak Google secara resmi sudah melarang adanya penggunaan beberapa teknik ilegal baik itu link farming, doorway pages, keyword stuffing, maupun auto generated pages atau biasa dikenal dengan istilah scraper pages. Ada banyak blogger yang masih menggunakan trik-trik ini, bahkan juga perusahaan jasa layanan SEO yang masih tetap ‘bandel’ menggunakanannya. Jika terbukti tetap menggunakan teknik ilegal maka Google mengancam akan menghapusnya dari indeks pencarian. Mengapa perusahaan mesin pencari tidak segan-segan menghapus indeks pencarian dari halaman tertentu? Ingat bahwa perushaan mesin pencari sebenarnya umumnya tidak mendapat keuntungan secara langsung dari hasil pencarian organik sehingga mereka lebih tegas dalam hal ini.
  6. Bila Anda mengalami kegagalan dalam melancarkan startegi SEO, bukanlah akhir dari segalanya. Jadi apabila alamat situs Anda tidak berada di posisi teratas pada hasil pencarian organik ternyata masih ada satu solusi lagi agar dapat memperoleh pengunjung yakni dengan cara beriklan melalui mesin pencari tersebut. Sebagai contoh Google memiliki program Adword yang memiliki sistem penargetan Kata Kunci maupun keyword pencarian.
Baca juga:  Cara Yang Salah Dalam Promosi di Media Sosial

Yang perlu anda ketahui bahwa sebenarnya SEO bukanlah merupakan teknik ilegal sepanjang dilakukan dengan cara mengikuti peraturan serta etika yang sudah ditentukan. Kebijakan ini dikeluarkan Google tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menjamin bahwa setiap situs web bisa memperoleh kesempatan yang sama dalam mesin pencarian.

Selain itu agar penempatan rangking bisa dilakukan secara obyektif dan tidak dimonopoli pihak tertentu. Jadi dalam hal ini pihak yang paling berperan untuk menentukan peringkat suatu halaman web tentu saja adalah mereka sebagai pemilik dan pembuat kontek. Semakin bagus dan berkualitas kontennya serta ada manfaatnya bagi pengguna internet maka berpeluang menjadi halaman yang banyak dikunjungi.

Jadi sadarlah bagi Anda yang terlalu diperbudak dengan SEO dan teruslah membuat konten berkualitas.