Model-Bisnis-yang-Harus-Anda-Hindari

Peluang bisnis tentu ada banyak, dan Anda bisa memilih sesuai kemampuan, sesuai pengetahuan, minat, serta modal. Namun kami sarankan Anda untuk lebih berhati-hati dalam memilih menjalankan sebuah bisnis. Tidak semua  bisnis atau usaha dijalankan dengan cara yang baik, bahkan saat ini cukup banyak bisnis yang sekiranya dianggap menyimpang dan melanggar hukum serta melanggar peraturan agama.

Tentunya bisnis yang demikian harus Anda hindari meski terkadang kita sering mendapat iming-iming keuntungan yang besar. Anda tidak perlu lagi berpikir panjang untuk mempertimbangkan karena bisa saja bisnis yang demikian menjerumuskan Anda.

Lalu, bagaimana ciri-ciri bisnis yang harus dihindari tersebut? Berikut ulasannya:

Artikel lain: Tips Sederhana Memulai Bisnis Untuk Para Pemula

1. Bisnis Dengan Produk Berbahaya

Beberapa tahun yang lalu sempat sering muncul di media, berbagai produk jamu berbahaya. Jamu-jamu tradisional yang ditemukan oleh BPOM tersebut ternyata mengandung berbagai bahan kimia berbahaya. Sampai saat ini produksi jamu berbahaya masih dilakukan dan kabarnya sang pemilik industri sanggup meraup keuntungan yang begitu besar. Nah, sayangnya ini bukanlah bisnis yang direkomendasikan baik untuk Anda.

Sebaiknya Anda hindari bisnis yang berhubungan dengan produk berbahaya, entah bagi kesehatan maupun bagi lingkungan. Tidak hanya jamu, ada produk-produk berbahaya seperti kosmetik, makanan dan minuman ringan ilegal yang masih diproduksi. Jika hendak berbisnis dengan produk jamu, makanan dan kosmetik, sebaiknya harus memenuhi standar kesehatan tanpa bahan berbahaya.

2. Bisnis Hiburan yang Melanggar Susila

Bisnis hiburan selalu saja dianggap sangat menguntungkan, terutama bisnis hiburan malam. Namun sebaiknya Anda menghindari bisnis demikian mengingat cukup kontroversial. Saat ini banyak dibuka tempat-tempat bar, café dengan minuman keras, karaoke, diskotik, atau bahkan lokalisasi. Bisnis-bisnis demikian erat kaitannya dengan perzinahan, narkoba, pertikaian dan berbagai hal yang melanggar susila.

Baca juga:  Beberapa Bisnis Kreatif Yang Cocok Untuk Kaum Muda

Selain bisa melanggar hukum, bisnis demikian juga dianggap melanggar agama. Jika hendak berbisnis hiburan, lebih baik Anda berbisnis hiburan yang sekiranya wajar. Menghindari bisnis demikian akan membuat hidup Anda lebih tenang dan tidak beresiko untuk berurusan dengan polisi.

3. Bisnis Barang Terlarang

Barang terlarang biasanya memiliki harga yang mahal. Itulah mengapa banyak orang yang nekad menjalankan bisnis barang terlarang meski ada ancaman pidana. Beberapa diantaranya adalah narkoba, senjata ilegal, bahan peledak ilegal, barang-barang yang mengandung nilai sejarah (biasanya hasil curian), kayu ilegal, kaset porno, minuman beralkohol, maupun berbagai benda kerajinan yang dibuat menggunakan binatang dilindungi. Nah, bisnis demikian sebaiknya wajib dihindari karena tidak ada faedahnya sedikitpun.

4. Bisnis Penipuan

Berbagai modus penipuan bisnis sepertinya bukan hal yang mengagetkan dijaman modern ini. Anda harus waspada jika tidak ingin menjadi korban, dan sebaiknya jangan pernah terlibat didalamnya. Sebagai contoh adalah bisnis investasi penipuan dan trading yang banyak memakan korban.

Biasanya bisnis demikian sering menjanjikan keuntungan yang tinggi namun dianggap tidak masuk akal. Bahkan beberapa hanya berfokus untuk mencari atau merekrut anggota lain, bukan melakukan aktivitas memproduksi sesuatu maupun aktivitas lainnya yang menghasilkan.

Ada pula bisnis lowongan pekerjaan dimana Anda bakal direkrut sebuah perusahaan untuk menjadi perekrut. Biasanya dalam bisnis lowongan kerja, sang calon korban akan dimintai sejumlah uang untuk bergabung dengan perusahaan yang bersangkutan.

Baca juga:  5 Hal Yang Perlu Disadari Ketika Hendak Melakukan Penjualan dan Pemasaran

5. Bisnis Pasar Gelap

Bisnis pasar gelap memang kaitannya erat dengan bisnis barang-barang terlarang. Namun tidak semua bisnis pasar gelap didominasi barang terlarang, karena barang yang umum dipergunakan bisa dijual di pasar gelap. Hanya saja barang tersebut tidak memiliki ijin, tidak terdaftar, melanggar aturan pajak dan bea cukai, barang kadaluarsa, atau bahkan barang rekondisi (utamanya barang elektronik).

Bisnis pasar gelap juga erat kaitannya dengan aktivitas penyelundupan. Meski dianggap menguntungkan dan lebih murah dibandingkan barang resmi, namun sebaiknya dihindari karena ada ancaman pindana.

Baca juga: Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil

6. Bisnis yang Berhubungan Dengan Riba

Terkadang masalah riba menjadi kontroversi mengenai boleh atau tidaknya. Ini tentu berhubungan dengan bisnis finance yang saat ini banyak dibuka di seluruh pelosok Indonesia. Jika Anda menganggap bisnis peminjaman dengan riba wajar tidak dianggap dosa, maka silahkan dijalani. Namun jika Anda ragu sebaiknya dihindari. Masih banyak bisnis lain yang menguntungkan.

Demikianlah beberapa bisnis yang sebaiknya Anda hindari.