Pengunjung-Blog

Membangun blog lebih menarik, membangun blog dengan konten yang sangat relevan dan membangun blog dengan artikel yang SEO Friendly. Ya, itu memang merupakan trik dalam membuat blog modern bila ingin banyak dikunjungi. Segalanya harus dipersiapkan, bahkan Anda juga harus memperhatikan hal sekecil apapun untuk membuat blog terlihat lebih menarik. Begitu saja cukup?

Ternyata ada banyak blogger yang tidak menyadari bahwa ada sesuatu yang benar-benar sangat dibenci pengunjung blog ketika membuka atau mengakses blog Anda. Sesuatu tersebut umumnya dibuat oleh sang blogger sendiri yang mungkin memiliki manfaat dan tujuan tertentu, namun justru menjadi ‘bumerang’. Yakin Anda ingin tahu hal apa yang paling tidak disukai para pengunjung blog? Simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

1. Pop Up Iklan

Pop up iklan atau biasa disebut iklan sembulan merupakan jendela iklan yang umumnya muncul secara tiba-tiba ketika seseorang mengunjungi suatu halaman web. Bukankah sangat menjengkelkan, disaat loading lama justru diperparah dengan pemuatan iklan sembulan. Iklan semacam ini bisa muncul ditengah-tengah dan ukurannya bisa cukup besar menutupi hampir seluruh tampilan halaman web.

Yang lebih menjengkelkan bila iklan pop up tersebut dijalankan menggunakan flash player untuk menampilkan gambar bergerak. Semakin memberatkan meski  iklan ini bisa disingkirkan agar tidak mengganggu proses pengaksesan sebuah halaman web. Disinilah dilema dari blogger, karena iklan tersebut bermanfaat untuk pemasukan sementara pengunjung tidak menyukainya.

2. Pop up Fans Page

Hal kedua yang sebenarnya juga cukup menjengkelkan adalah kemunculan pop up lain, yakni pop up Fans Page Facebook. Pop up ini memang efektif menjaring pengikut baru, namun ada banyak orang yang risih karena membuatnya lambat dalam mengakses halaman blog. Apalagi jika pop up tersebut memiliki waktu penutupan otomatis sampai beberapa detik, atau jika ingin menutup lebih cepat pengunjung dipaksa harus Like Fans Page tersebut.

Baca juga:  Mengenal Blog Zombie dan Tips Memanfaatkannya Kembali

Tidak salah Anda memasang pop up Fans Page, namun alangkah bijaknya bila Anda tidak harus memberi waktu penutupan dan tetap menampilkan opsi ‘X’ untuk close pop up. Atau bisa juga Anda memasang kotak Fans Page disamping, bukan berupa pop up karena itu lebih efektif.

3. Musik Otomatis

Mungkin Anda pernah browsing dan membuka sebuah halaman blog, namun tiba-tiba terdengar suara lagu. Padahal Anda sendiri sedang tidak membuka Winamp atau ponsel dalam keadaan mati dan disekitar Anda tidak ada orang lain. Dari mana suara lagu itu? Ternyata setelah diselidiki halaman blog di akses adalah pemutar lagu itu.

Bagi sebagian orang itu sangat mengganggu dan dianggap tidak penting, apalagi bila lagu yang di play otomatis adalah lagu yang tidak disukai. Selain itu Autoplay Musik juga akan membuat bandwith bekerja dua kali, yakni memuat halaman blog dan buffering lagu. Pengunjung Anda sedang melakukan browsing, bukan sedang mendengarkan radio.

4. Pengalihan Halaman Otomatis

Kasus berikutnya, pernahkah Anda membuka sebuah halaman web dengan judul tertentu namun tiba-tiba setelah berselang beberapa menit konten yang Anda buka hilang? Ya, konten yang diakses ternyata tidak ada dan berganti masuk ke konten berjudul lain meski masih pada website yang sama.

Lalu siapa yang mengklik sementara tidak ada orang lain? Memang Anda tidak perlu menyalahkan orang lain karena ini adalah ulah dari owner situs itu sendiri yang memberlakukan pengalihan halaman otomatis dengan waktu yang ditentukan.

Baca juga:  Jenis Konten Blog yang Mudah Dibuat dan Banyak Dicari

5. Buku Tamu

Pengunjung Anda sedang ingin membaca konten yang Anda tulis, bukan sedang pergi ke pesta pernikahan. Mengapa Anda menyodorinya buku tamu agar pengunjung menulis nama dan e-mailnya? Buku tamu blog seperti tidak berguna dan menjadi salah satu hal yang tidak disukai visitor.

6. Captcha Saat Ingin Komentar

Syukur-syukur ada pengunjung yang mau repot-repot memberi komentar pada blog Anda, tapi justru dipersulit dengan ‘birokrasi’. Ya, salah satu yang paling tidak disukai adalah pengisian Captcha yang tersedia saat ingin memberikan komentar.

Mungkin akan tidak terlalu menjengkelkan bila Captcha singkat dan mudah ditulis, namun bila Captcha ‘berwujud’ aneh sudah bisa dipastikan pengunjung tidak jadi memberikan komentar. Jadi lebih baik tidak memasang Captcha pada kolom komentar apalagi memasangnya untuk pengaksesan. halaman.