Bisnis-Kreatif-Untuk-Kaum-Muda

Masih ingatkah Anda ketika presiden Republik Indonesia dalam kampanye-nya mengungkapkan ingin memajukan negara ini salah satunya melalui ekonomi kreatif. Jangan anggap remeh tentang pernyataan itu karena pada saat ini ternyata ada banyak contoh bisnis termasuk dalam industri ekonomi kreatif yang maju dan tidak kalah menguntungkan dengan bisnis lain.

Berbicara mengenai kreatif sepertinya memang sangat erat kaitannya dengan kaum muda. Lagipula sebuah bisnis kreatif memang umumnya adalah UKM (Usaha Kecil Menengah) yang mampu dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah. Ini bukan tentang bisnis pertambangan, atau bisnis perkebunan sawit yang hanya dikuasai oleh kalangan eksekutif saja.

Namun ini adalah tentang bisnis yang bisa dijalankan pada sebuah ruangan toko, ruangan di rumah sendiri atau bahkan berjalan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Apabila Anda siap untuk berwirausaha dalam sebuah bisnis kreatif, pastikan Anda mempersiapkan segalanya termasuk dalam hal pemanfaatan fasilitas teknologi modern yang mudah digunakan. Atau jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis kreatif namun masih bimbang bisnis bidang apa yang akan dijalani, berikut ini kami berikan beberapa contoh bisnis kreatif yang benar-benar cocok untuk kaum muda:

1. Desain grafis

Memiliki skill desain grafis, cocok untuk membuka bisnis dibidang seni gambar grafis. Ya, dengan cara yang kreatif Anda bisa membuat pelanggan puas dengan hasil konstruksi atau manipulasi gambar karya Anda. Bisa berupa jasa desain banner, undangan pernikahan pembuatan logo perusahaan, dan lain sebagainya.

Bisnis ini tergolong terjangkau karena Anda bisa dengan bermodalkan satu komputer dengan persyaratan sistem mencukupi. Sedangkan untuk urusan cetak mencetak dan sebagainya bisa bekerja sama dengan pemilik mesin percetakan. Salah satu bisnis kreatif yang tidak pernah mati.

Baca juga:  Apakah Peluang Usaha Cuci Helm Masih Punya Potensi?

2. Fotografi kreatif

Saat jaman modern seperti ini dunia fotografi semakin berkembang dan semakin kreatif saja. Anda tidak hanya akan menemukan layanan pas foto atau sekedar foto keluarga biasa. Lebih dari itu ada banyak fotografer yang menawarkan ide kreatif untuk sesi pre-wedding, atau photo booth. Jika Anda memiliki passion di dunia fotografi, mengapa tidak? Anda dapat merancang studio se-kreatif mungkin dan se-unik mungkin. Atau dengan layanan fotografi yang berbeda dengan fotografer jadul.

3. Bisnis bidang musik / Event organizer

Siapa bilang bisnis di dunia musik hanya dikuasai oleh promotor bermodal besar? Bahkan saat ini dunia musik sudah mulai berkembang di daerah-daerah. Terbukti semakin banyak event-event musik yang digelar dalam skala yang kecil.

Namun meski demikian tetap bisa menguntungkan. Di dunia musik Anda bisa memilih bisnis mulai dari membuka rental studio musik, menyewakan sound system atau event organizer sebagai penyelenggara kegiatan pertunjukan. Penghasilan bisa berasal dari tiket atau dari sponsor.

4. Otomotif kreatif

Dunia bisnis otomotif tidak selalu berhubungan dengan hal-hal biasa seperti service kendaraan atau layanan penjualan suku cadang. Ingat, bahwa dalam sebuah kendaraan ada berbagai macam komponen sehingga ada banyak peluang untuk menjadikan bisnis kreatif.

Sebagai contoh bisnis otomotif kreatif adalah layanan modifikasi kendaraan,  jasa desain body dengan pengecatan unik atau penjualan komponen yang dianggap kreatif. Bisnis kreatif ini cocok bagi Anda yang memiliki passion bidang otomotif.

Baca juga:  Affiliate Marketing ~ Peluang Usaha Modal Kecil

5. Bisnis Fashion

Dunia fashion remaja seakan tidak akan pernah ada habisnya. Sebagai contoh saat ini adalah jamannya fashion yang dibeli dari distribution outlet (distro). Anda bisa berperan sebagai wirausahawan distro atau mungkin  sebagai produsen berbagai fashion untuk distro.

Salah satu bisnis kreatif yang benar-benar cocok untuk muda-mudi. Lagipun distro juga tidak harus berbentuk busana, ada banyak bisnis kreatif yang masih berhubungan dengan dunia fashion dan gaya hidup seperti tato, piercing, dan lain-lain.

6. Blogger atau membuat website

Jangan kira bahwa seorang owner website portal atau blogger bukanlah orang yang bekerja pada bisnis kreatif. Jika kurang kreatif bukankah halaman web Anda akan sepi pengunjung? Saking kreatifnya bahkan menyeluruh mulai dari bagaimana mendesain web, bagaimana merangkai artikel atau bagaimana kreatifnya mencari kata kunci untuk di optimisasi pada mesin pencari.  Bisnis ini tidak memerlukan sebuah toko atau kios, cukup dilakukan didalam kamar Anda.

Jadi siap untuk memulai bisnis kreatif?