Bagaimana Cara Menemukan Ide Untuk Blogging
sumber : www.kilasinfo.com

Maka pencarian ide seringkali menjadi ajang wajib bagi para blogger. Searching kesana kemari mencari bahan yang pas untuk dijadikan bahan penulisan. Namun semakin dicari semakin tidak menemukan topik. Kepala bingung dan akhirnya menyerah di tengah jalan.

Namun tahukah anda ternyata untuk mendapatkan ide menulis sangatlah mudah. Tinggal bagaimana caranya? Bukankah seperti itu. Sebetulnya jika otak kita dalam keadaan fresh atau dalam kondisi senang, maka ide pun akan muncul dengan sendirinya. Apalagi dibarengi dengan sering menulis. Otomatis ide-ide akan bermunculan layaknya air terjun. Nah, berikut saya bagikan tips bagaimana mendapatkan ide untuk blogging:

1. Google alert Seperti yang kita ketahui, google mempunyai segudang aplikasi yang dapat kita gunakan guna menunjang kegiatan blogging kita. Ada banyak manfaat yang dapat kita gunakan. Salah satunya yaitu menelusuri trend terbaru dalam niche tertentu. Missal jika kita ingin membuat blog dengan tema atau topik kesehatan, maka kita cukup menggunakan google alert untuk mengetahui trend mengenai kesehatan.

2. Pergi refreshing Seperti yang saya bilang sebelumnya, otak yang fresh dan dalam keadaan senang akan menghasilkan ide-ide yang sungguh luar biasa. Walaupun tidak diminta pun ide baru akan terus bermunculan dan mendesak agar segera diwujudkan dalam bentuk tulisan. Bukankah hal itu menyenangkan.

Jadi tunggu apalagi, segera pergi ke tempat yang bisa membuat pikiran anda tenang dan rileks. Tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam, cukup pergi ke daerah yang memang anda rasa dapat menyegarkan pikiran anda.

Baca juga:  Tips Memilih Template Blog yang Bagus dan SEO Friendly

Ketika anda sedang menyegarkan pikiran. Pastinya nanti akan muncul sebuah ide atau bahkan puluhan ide dari hanya sekedar memandang pemandangan indah. Ataupun sekedar duduk di pinggir pantai sambil menikmati minuman dingin dan ditemani oleh angin yang lembut. Percayalah, dan buktikan

3. Membaca buku Saya pikir, wajib bagi para blogger untuk membaca buku. Karena buku adalah gudangnya ilmu. Dengan banyak membaca paling tidak ada sebuah ide yang ingin anda salurkan. Nah, mungkin ketika anda membaca buku, ada hal yang belum dijelaskan. Anda dapat menjelaskannya melalui blogging.

Lalu apakah kita harus membaca buku yang berkaitan dengan topic blog kita? Lebih baik seperti itu karena dengan begitu ide yang keluar masih dalam konteks sama. Ataupun jika anda ingin membaca buku yang tidak ada kaitannya dengan tema blog anda juga tidak ada masalah. Anda dapat menyambungkan ide yang anda dapat dengan tema di blog anda.

4. Sharing dengan teman, keluarga ataupun sahabat Sering tidak disadari, ketika kita berbicara dengan seseorang maka biasanya ide itu akan muncul. Entah ide yang menulis ataupun yang lain. Saya yakin anda semua pasti pernah mengalaminya. Dan jujur, berbicara dengan teman entah dengan bahasan apapun sangatlah mengasikkan, hingga seringkali menjadi lupa waktu karenanya.

Periksalah jadwal anda hari ini, sudahkah anda menemui orang-orang yang anda cintai. Berapa lama anda tidak mengobrol dengan mereka. Jika ya, maka jangan ragu lagi untuk menyisihkan waktu berkunjung dan berbicara dengan mereka. Insha Allah bukan hanya ide yang akan anda dapatkan, rezeki dan panjang umur bisa anda dapatkan jika ikhlash.

4 cara itulah yang sering saya lakukan ketika ide blogging mulai kering. Anda bisa mencoba salah satu ataupun keseluruhan. Bagi anda yang mempunyai teknik lain bisa disharingkan disini. Saya cukup senang apabila kita dapat berdiskusi bersama sehingga ada bisa terjalin rasa kekeluargaan nantinya. Semoga teknik yang saya bagikan ini dapat bermanfat, dan berjumpa pada tulisan saya berikutnya.

Baca juga:  8 Hal yang Wajib Ada Pada Sebuah Blog