Aplikasi-Browser-yang-Ramah-Untuk-Android

Segala kebutuhan akses internet sampai entertainment sudah dapat dinikmati dalam genggaman ponsel pintar. Kini peran perangkat besar seperti komputer dan laptop sudah mulai tergantikan dengan smartphone yang benar-benar mobile untuk kebutuhan informasi dan hiburan. Salah satu yang menjadi kebutuhan dasar dalam berinternet adalah fasilitas perangkat lunak web browser atau penjelajah web.

Web browser memiliki fungsi paling penting dalam kegiatan browsing karena inilah perangkat lunak yang dapat menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi berupa halaman web, gambar, video, serta jenis-jenis konten lainnya selain itu. Untuk perangkat besar PC dan laptop tampaknya penggunaan web browser masih dirajai oleh produk web browser lama.  Yang pasti web browser penuh fitur tentu akan akan digunakan banyak orang. Lalu bagaimana dengan web browser untuk Android?

Tentu pengguna perangkat smartphone membutuhkan sebuah aplikasi yang mobile friendly, lebih cepat aksesnya dan tentu gratis. Untuk kebutuhan bisnis Anda membutuhkan web browser ringkas, penuh fitur dan memiliki interface muda dipahami.

Berikut ini adalah 5 aplikasi browser yang dianggap sangat ramah untuk Android:

1. Dolphin Browser HD

Mungkin bagi pengguna PC masih cukup asing dengan nama Dolphin Browser HD. Dolphin Browser diklaim memiliki tingkat kecepatan untuk mengakses suatu situs dengan lebih cepat. Mungkin menjadi salah satu web browser terbaik untuk Android. Koleksi bookmarks yang akan Anda buat dapat ditampilan dalam bentuk Widget, kemudian tersedia pula fitur bernama Add-Ons Management.

Fitur bisa memungkinkan browser Dolphin untuk tersinkronisasi secara sistem dengan berbagai layanan Google diantaranya Google search, gmail, reader,maps, talk, docs, dan lain sebagainya. Serta bisa terintegrasi langsung dengan fitur Bookmarks Widget, Twitter Share, dan lain-lain.

2. Google Chrome

Mungkin Anda adalah pengguna Chrome di ponsel Android? Ya, inilah salah satu web browser terbaik di dunia saat ini baik untuk perangkat PC maupun perangkat mobile. Interface Chrome mudah dipahami dan tidak ada kerumitan berarti, artinya hampir sama dengan Chrome yang tersedia untuk PC. Salah satu fitur menarik dan aneh adalah  fitur Incognito Browser  dimana fitur ini dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas di web browser secara anonim atau dengan penyamaran sehingga tanpa terlacak.

Semua halaman web yang sudah dibuka pada web incognito ini tidak akan tercatat pada history browser Chrome maupun pada history pencarian. Uniknya lagi fitur ini juga tidak akan meninggalkan jejak semacam cookies, hasil file download, bookmarks dan lain-lain. Dipastikan Chrome menjadi web browser tercepat untuk Android dengan rata-rata kecepatan akses mencapai 6.98 detik dengan catatan koneksi stabil.

3. UC Browser

UC Browser kini melejit namanya karena dianggap web browser cepat dan memiliki interface mudah dipahami. Hanya itu keunggulannya? Tidak, karena ternyata UC Browser memiliki fitur download manager yang sering dianggap hampir sama dengan internet download manager di komputer.

Jadi jangan heran bila UC sering di katakan merupakan aplikasi web browser yang sekaligus menjadi download manager bagi ponsel Android. Sama seperti IDM, tingkat kecepatan download pada download manager UC ini pun bisa sanggup mencapai berkali-kali lipat di banding dengan kecepatan download browser Android lainnya.

4. Baidu Browser

Baidu adalah sebuah aplikasi web browser yang dikembangkan di negara China.  Aplikasi web browser ini benar-benar ramah untuk pengguna Android. Fitur dalam Baidu dianggap cukup lengkap seperti fitur preview full Screen, night mode, dan navigasi gesture (sapuan jari). Selain itu aplikasi ini juga menghadirkan floating Widget pada setiap aplikasi yang dibuka.

Dengan demikian, untuk menuju ke Browser pengguna cukup membutuhkan sekali klik. Soal kecepatan Baidu tetap menjadi salah satu yang tercepat karena menawarkan kompresi data tinggi.

5. Mozilla Firefox

Di Indonesia sendiri web browser mozilla masih cukup populer, dan bersaing ketat dengan Chrome. Hal yang sama pada platform mobile dimana Mozilla masih banyak digunakan karena menawarkan banyak fitur menarik. Fitur yang menjadi andalan adalah history, bookmark, serta data password.

Selain itu untuk versi 14 Mozilla Firefox mampu menampilkan halaman web dengan Flash dan HTML 5. Jadi melalui web browser ini Anda sudah dapat memputar video sekaligus memainkan game menggunakan HTML 5.