Peluang-Usaha-Cuci-Helm

Usaha cuci motor dan mobil sudah terlalu ‘mainstream’ , karena Anda bisa melihat banyak sekali dibuka jasa cuci motor disepanjang jalan baik di perkotaan maupun pedesaan. Adakah usaha lain yang mudah dan bermodal minim seperti jasa cuci motor? Anda haru ingat, sepeda motor erat kaitannya dengan alat keselamatan yakni helm.

Jadi jika sepeda motor perlu dicuci pastinya helm juga perlu di cuci bukan? Bahkan justru helm harus lebih sering dicuci karena dipakai langsung di kepala. Jadi jawabannya adalah jasa cuci helm, sebuah usaha yang bermodal minim namun mudah dikerjakan. Bisnis ini ternyata tidak harus dimulai dengan modal puluhan juta, bahkan hanya beberapa juta saja Anda sudah bisa membuka jasa cuci helm.

Artikel lain: Sukses Usaha dan Bisnis Sampingan Modal Kecil

1. Analisa Bisnis

Menurut sebuah sumber referensi di internet penjualan sepeda motor selama tahun 2013 sudah mencapai 7.771.014 unit. Angka ini ternyata dinyatakan meningkat sekitar 8% dibandingkan penjualan tahun lalu. Jika ada 7 juta unit sepeda motor yang terjual dalam jangka waktu setahun, jadi berapa penjualan helm selama setahun?

Memang tidak ada referensi data mengenai penjualan helm, namun setidaknya Anda bisa memperkirakan bahwa angka penjualan helm juga dipastikan hampir menyemai angka penjualan motor. Bahkan bisa lebih karena jika dalam satu rumah memiliki sebuah sepeda motor dengan 3 anggota keluarga, biasanya juga memiliki 3 helm untuk masing-masing. Jadi jangan pesimis dengan bisnis cuci helm karena berdasarkan analisis diatas, usaha ini masih berpeluang memberikan keuntungan besar.

Baca juga:  Tips Sukses Berbisnis Distro (Distribution Outlet)

Peluang besar juga karena pengaruh dari aturan pemerintah dimana pengguna sepeda motor diharuskan menggunakan helm full face yang berstandart Indonesia SNI, bukan helm ‘batok’ yang kecil. Helm jenis full face tentunya memerlukan perawatan lebih karena lebih besar dimensinya dan banyak memiliki elemen didalamnya.

2. Apakah Helm Wajib Dicuci?

Sepeda motor memang rawan kotor, bisa karena kehujanan, kena debu, maupun karena hal-hal lain. Ada yang menganggap helm lebih aman dari kotoran karena dipakai pada kepala dan pada posisi diatas. Anda yakin? Berarti apakah Anda tidak pernah merasakan ada bau tidak sedap pada helm yang jarang di cuci, atau warna yang kusam pada bagian dalam helm?

Ingat, helm yang sering Anda gunakan untuk berkendara juga terkena polusi setiap harinya ditambah terkena debu jalanan yang bisa menempel pada helm. Bukan hanya itu, bekas keringat dan sisa air hujan yang tidak kering juga menyebabkan helm menimbulkan bau dan bahkan bisa berpotensi menjadi sarang penyakit.

Untuk itulah helm justru sangat wajib untuk rutin dicuci, tujuannya jelas yakni untuk kesehatan kulit kepala maupun rambut. Ingat banyak orang yang bermasalah pada kesehatan rambut seperti timbulnya kutu dan ketombe karena helm yang jarang dibersihkan. Tujuan kedua tentu adalah untuk menjaga dan merawat kualitas helm.

3. Mulai Membuka Usaha

Jika sudah yakin segera lah membuka bisnis cuci helm, ada banyak tawaran di internet paket usaha cuci helm. Anda bisa memesan dengan harga tertentu dan mendapatkan serangkaian produk dan peralatan untuk mencuci helm. Namun yang terpenting adalah pembukaan lokasi yang strategi agar khalayak ramai mengetahui jasa cuci helm Anda.

Baca juga:  5 Hal Sepele yang Mempengaruhi Kesuksesan Sebuah Bisnis

Tempat tidak harus luas seperti cucian sepeda motor atau mobil, cukup dengan ruang minimal 3 x 4 meter untuk penempatan berbagai peralatan. Akan lebih baik jika lebih besar untuk ruang tunggu. Sedikit gambaran, berbagai peralatan yang digunakan dalam jasa cuci helm biasanya adalah parfum (bisa beberapa jenis untuk wangi-wangian), sabun cuci khusus, alat penyedot debu, kuas untuk menjangkau debu yang sulit, sikat, sarung tangan, spons, lap kanebo serta mesin pengering helm khusus jika memungkinkan.

Baca juga: Beberapa Model Bisnis yang Harus Anda Hindari

Namun jika kesulitan dalam modal pembelian mesin pengering helm, bisa diganti dengan hairspray. Mesin pengering helm khusus umumnya dibanderol dengan harga mulai dari 1.5 juta sampai 4 jutaan, tergantung dari kapasitas dan kualitas. Diperkirakan modal sekitar 4 juta Anda sudah bisa membuka usaha cuci helm, belum termasuk sewa tempat.