Yang-Tidak-Disukai-Oleh-Google-Spider
Google Spider merupakan bot yang dimiliki oleh Google.Inc sebagai alat untuk mencari sebuah lama yang relevan dengan kata kunci yang diketik pada Google Search. Google Spider tampaknya menjadi ujung tombak Google untuk memberikan sebuah hasil pencarian seperti yang orang-orang inginkan. Waktu demi waktu bot ini dikembangkan dan diperbaharui agar semakin relevan pencariannya dan juga agar lebih mampu menghasilkan results terbaik.

Nah, sebagai bot Google, Spider juga harus bisa memilah dan menseleksi laman mana yang sekiranya cocok termuat pada halaman pertama, kedua dan seterusnya. Google Spider akan mengabaikan laman yang tidak memiliki banyak unsur SEO didalamnya. Termasuk akan mengabaikan laman yang banyak mengandung sesuatu yang merugikan. Bagi Anda yang sedang belajar SEO tentu saja harus memahami apa saja yang tidak disukai oleh Google Spider.

Apa sajakaha itu, mari kita ulas selengkapnya di bawah ini:

1. Fitur Navigasi Dengan Javapscript

Anda tentu sudah Navigasi yang dibuat dengan Javascript . Mungkin  salah satunya yang populer  adalah menu Dropdown. Jadi inilah salah satu unsur yang akan ‘dicuekin’ oleh Google Spider, karena text yang tertulis dengan menggunakan Javascript tidak akan ikut terindex oleh Google Spider. Ini karena pada dasarnya Algoritma yang dimasukan pada setiap Search Engine belum bisa “berhadapan” dengan Text yang ditulis atau dihiasi dengan fitur Javascript. Tampilan lebih bagus, namun tidak bagus untuk SEO.

Jadi sebaiknya Menu Navigasi tidak perlu Anda tulis dengan Javascript. Anda sekiranya cukup menambahkan satu lagi navigasi pada sidebar Blog menggunakan kode HTML. Itu lebih baik dan disukai Google Spider.

2. Gambar

Mengisi sebuah laman hanya dengan konten gambar saja jangan harap bisa di Crawl oleh Google. Spider mana pun tidak akan dapat membaca Gambar pada Blog Anda. Spider hanya dapat membaca huruf, bukan gambar. Namun tentu saja ini bisa diakali, yakni Anda dapat menambahkan ALT Tag pada setiap gambar yang hendak dipublikasi. ALT Tag inilah yang dapat jadi landasan agar Google Spider bisa membaca Gambar yang ada di Blog Anda.

3. Frames

Melakukan Grab pada sebuah Website menggunakan Frames bukan akan memudahkan Anda. Tetapi sebaliknya ini justru bakal mempersulit Spider dalam mengindexnya.  Salah satu solusinya, lebih baik apabila Anda melihat source pada site tersebut. Kemudian Anda bisa Copy dan Paste-kan ke dalam Blog Anda.

4. Flash

Flash mampu menghasilkan sebuah laman yang menarik dan canggih. Tetapi ini tidak mampu menjadikan laman Anda SEO Friendly. Hal ini lantaran lagi-lagi Spider tak sedikit pun mampu membaca format Flash. Sebaiknya memang Anda tidak perlu menggunakan Flash, cukup dengan Gambar yang Berformat Gif saja yang dapat diberikan ALT Text dan serta jangan lupa untuk menyisipkan deskripsi.