Apa-itu-COD

Semakin beragam saja jenis transaksi jual beli barang khususnya dalam perniagaan online. Kemudahan sudah jelas, kemudian kecepatan dan kenyamanan juga dipastikan akan Anda dapatkan. Namun yang menjadi masalah adalah keamanan dalam bertransaksi. Mungkin Anda sudah sering melihat tulisan COD atau merupakan singkatan Cash On Delivery. Ada beberapa orang yang masih menanyakan tentang istilah ini, apa artinya?

Ada beberapa orang yang tahu arti COD, namun ada yang sering menggunakan istilah ini tetapi justru keliru dalam memahaminya. Dalam artikel kali ini kami akan secara khusus membahas soal transaksi COD atau Cash On Delivery, baik tentang arti sebenarnya, keuntungan dan tips trik yang bisa dilakukan. Bahkan ini adalah salah satu transaksi dari kelanjutan jual beli online yang dianggap sangat aman dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Arti COD

Jangan sampai Anda keliru dalam memahami tentang istilah COD. Ya, Cash On Delivery merupakan layanan transaksi jual beli di mana pihak buyer bersedia untuk membayar barang jika pihak seller mengantarkannya sampai ke alamat buyer. Tentu pengantaran barang bisa menuju rumah buyer, kantor atau bahkan ke tempat yang diinginkan.

Inilah mengapa banyak orang yang salah kaprah dengan istilah COD. Masih banyak orang yang menganggap Cash On Delivery merupakan istilah sekedar “ketemuan”, padahal istilah ini merujuk kepada pelayanan ekstra dari selleru yang bersedia mengantarkannya ke alamat rumah, kantor maupun tempat yang diinginkan. Jadi apabila Anda mendapati sebuah lapak yang menuliskan bersedia transaksi COD, maka Anda sebagai buyer berhak mendapatkan layanan antar gratis selama dalam area yang ditentukan oleh seller.

Baca juga:  Pulau Jaco, Destinasi Wisata Andalan dan Populer di Timor Leste

Akan menjadi salah jika seorang seller sudah menuliskan COD, namun ia tidak bersedia mengantarkan barang ke alamat Anda padahal masih dalam cakupan area yang bisa dijangkau. Jadi mulai dari sekarang pastikan Anda bijak dalam menentukan keterangan transaksi, jika menuliskan COD berarti harus siap mengantarkan barang.

COD Untuk Seller

Jika hendak menyediakan layanan transaksi Cash On Delivery, sebagai seller adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dahulu. Pertama adalah mengenai jangkauan lokasi atau area. Anda harus menentukan area mana yang akan terjangkau layanan COD. Sebagai contoh Anda tinggal di daerah lempuyangan Yogyakarta, maka Anda bisa menuliskan layanan COD untuk area malioboro, lempuyangan, wirobrajan, hingga sleman.

Jadi jika ada buyer yang meminta Anda mengantarkan barang hingga area tersebut Anda harus siap. Namun jika diluar wilayah, tentunya tidak perlu Anda layani mengingat bisa terjadi biaya pengantaran barang yang membengkak. Sebagai contoh jika COD di area jauh maka Anda harus mengeluarkan biaya bahan bakar, atau ongkos jalan, belum lagi ongkos lainnya. Terkecuali bila Anda memberikan syarat tambahan untuk area yang lebih jauh seperti dikenakan ongkos kirim barang kepada buyer, tidak menjadi masalah.

Untuk COD dengan area yang terlalu jauh, sepertinya tidak mungkin dilakukan. Apakah Anda bersedia mengantar barang hingga ke Cilacap, sementara Anda sendiri tinggal di Surabaya. Lebih baik tetap gunakan jasa ekspedisi atau jasa pengiriman barang yang lebih praktis serta murah.

Baca juga:  Tips Berjualan Online Agar Laku Keras

Keuntungan Cash On Delivery

Sudah tentu akan ada banyak sekali keuntungan dan kelebihan transaksi COD. Pertama sebagai buyer Anda akan melihat langsung kondisi barang, bahkan mencobanya sendiri. Untuk transaksi dengan pengiriman dipastikan Anda tidak akan bisa melihat kondisi barang langsung.

Kemudian pihak buyer bisa menawar harga atau bernegosiasi secara langsung setelah melihat kondisi barang. Dan yang paling utama adalah buyer tidak akan kehilangan uang untuk biaya kirim. Buyer bisa mengetahui seller mana yang jujur, karena untuk seller penipu biasanya enggan memberikan layanan Cash On Delivery karena memang barang tidak ada atau barang tidak dalam kondisi baik.

Bagi seller tentu transaksi COD membuat citra mereka lebih baik dan dicap sebagai seller terpercaya. Namun terkadang dengan layanan ini seller harus merelakan kehilangan ongkos untuk jalan dan resikonya barang yang diantar tidak jadi dibeli.

Jadi disini pastinya Anda sudah paham betul apa itu transaksi COD. Selamat bertransaksi dengan aman.