Trending-Topic

Trending topic kini sudah menjadi hal yang ramai diperbincangkan semua orang dan media. Bererapa media saat ini malah sangat concern dan menjadikan trending topic sebagai ajang mempromosikan acaranya di media sosial. Istilah trending topic sendiri diperkenalkan pertama kalinya oleh media sosial twitter. Jika anda memiliki akun twitter, anda bisa melihat trending topic ini pada kolom sebelah kiri dari akun twitter anda. Trending topic di twitter sendiri ada dua jenis yaitu trending topic worldwide (TTWW) dan trending topic Indonesia (TTI).

Trending topic yang merupakan peringkat terpopuler dari sebuah perbincangan atau tweet di twitter ini konsepnya mulai banyak diikuti oleh media sosial yang lain. Sebut saja google plus yang sudah memiliki apa yang disebut google trends. Dari sini tentu saja terlihat dan nampak bahwa trending topic ini menjadi sesuatu yang penting bagi banyak orang dan pihak. Namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dari kehadiran dan fenomena trending topic ini. Lalu apa saja hal-hal dibalik fenomena trending topic tersebut? Berikut ulasannya

Numpang Nampang dan Latah

Yang sering terjadi pada pengguna media sosial saat ada satu tema yang ramai diperbincangkan oleh publik dan menjadi trending topic adalah ikut meramaikan dengan memposting hal yang menjadi trending topic tersebut. Memang tak ada salahnya ikut meramaikan trending topic, namun perlu kita renungkan kembali apakah yang kita posting itu benar-benar memenuhi apa yang kita butuhkan untuk kita share atau kita hanya ikut-ikutan saja untuk meramaikan trending topic. Jika hal terakhir yang kita sering lakukan tentu saja postingan yang kita lakukan ini tidak beresensi dan kurang baik. Dan kabar buruknya ternyata banyak dari para pengguna sosial yang melakukan hal ini.

Baca juga:  Apa Yang Membuat Orang Ingin Membeli Followers Instagram?

Ajang Promosi Cepat

Seperti disebutkan diawal, bahwa beberapa pihak memanfaatkan trending topic ini sebagai ajang berpromosi degan cepat dan mudah. Beberapa dari trending topic ini muncul dari beberapa pihak (terutama media televisi) yang meminta penontonnya menampilkan hastag dan mention tertentu agar acaranya bisa tampil di trending topic. Dengan iming-iming sebuah hadiah tertentu, maka tak mustahil hastag yang ketik oleh pemirsanya yang banyak ini kemudian menjadi trending topic.

Ini tentu harus dipahami bersama oleh kita sebagai pengguna sosial media. Ajang promosi dengan media sosial memang tak ada yang melarang. Namun kita sebagai pelaku yang bisa menjadikan sesuatu hal menajdi trending topic ini harus mengerti makna dan tujuan dari hastag yang kita ketik jika ada hubungannya dengan pihak kedua atau pihak ketiga.

Mengungkap Jati Diri

Satu hal yang biasanya muncul dari postingan para pengguna sosial media yang sering ikut meramaikan trending topic yaitu terungkapnya idelisme dan jati diri sebenarnya. Hal ini bisa terjadi secara langsung (sengaja) dan tak langsung (tidak sengaja). Yang berbahaya adalah saat anda tidak menyadari bahwa yang anda posting itu mengungkap jati diri anda yang sebenarnya. Maka berhati-hatilah dengan hal ini.

Cari Peruntungan

Memang tak ada yang salah dengan mencoba sebuah peruntungan. Namun perlu diketahui bahwa ada hukum timbal balik atau respon dari sebuah postingan yang telah anda sebarkan di media sosial. Cari peruntungan diri dengan beragam motif yang dilakukan pada trending topic ini sering kali kita jumpai pada sosial media.

Baca juga:  Agar Reputasi Tetap Terjaga Baik di Sosial Media

Dengan mencantumkan hastag yang sedang trend, mereka berharap bahwa ia bisa mendapatkan sebuah keberuntungan, entah itu berharap ia menjadi populer atau beruntung mendapat pelanggan dan lain sebagainya. Maka sekali lagi tak ada salahnya dengan melakukan ini, namun ada hukum timbal balik yang belum tentu itu sebuah respon yang baik yang harus di tanggung dari postingan yang disebarkan. Dan kita harus siap dengan semua itu.

Kepentingan Tertentu

Yang perlu kita ketahui bersama adalah bahwa ada beberapa oknum yang sengaja memblasting beberapa kata dan hastag tertentu untuk bisa dijadikan trending topic. Meskipun kebanyakan tidak berhasil karena kalah bersaing, namun kita tetap harus waspada dengan trending topic yang abal-abal ini. Karena trending topic ini berubah dari waktu ke waktu, biasanya mereka para oknum ini mengincar waktu-waktu tertentu yang tidak ketat persaingannya untuk bisa menjadikan hastag atau suatu kata agar bisa menjadi trending topic. Lalu mengapa mereka melakukan ini? tentu saja ada kepentingan tertentu yang beragam motifnya dari trending topic abal-abal tersebut.