Memilih-Minimarket-Ketimbang-Warung-Kecil

Anda heran, kami pun heran karena beberapa tahun belakangan ini semakin banyak bermunculan minimarket yang dibangun. Tidak hanya di perkotaan, didaerah-daerah semakin berkembang saja bisnis seperti ini. Sebagai buktinya, mungkin Anda sudah cukup akrab dengan dua perusahaan yang bergerak dibidang bisnis waralaba swalayan yang tidak perlu kami tuliskan namanya.

Kedua brand minimarket tersebut bersaing ketat dan bahkan dibeberapa tempat biasanya posisi kedua toko tersebut selalu berdekatan. Jika sudah begini yang diuntungkan tentu saja adalah pengusaha minimarket, sekaligus masyarakat sekitar karena semakin mudah mereka untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan sehari-hari tanpa harus pergi ke swalayan jauh. Kemudian siapa yang dirugikan?

Banyak yang mengatakan bahwa kehadiran banyak minimarket akhirnya membuat ‘mati’ warung-warung kecil yang bukan dimiliki perusahaan besar. Kehadiran minimarket akhirnya banyak menghancurkan bisnis warung tradisional, dan banyak diantaranya yang harus gulung tikar.

Apalagi saat ini sudah semakin banyak masyarakat yang memilih pergi ke minimarket ketimbang ke warung kecil. Lalu apa alasannya? Berikut akan kami ulas selengkapnya untuk menjadi referensi bagi Anda:

1. Produk lebih lengkap dan banyak

Alasan pertama banyak konsumen memilih pergi ke minimarket adalah karena melimpahnya stok barang yang dijual. Tentu memang tidak seimbang dengan warung tradisional yang kurang memiliki banyak stok barang. Alasannya tentu karena modal dan lain sebagainya.

Bayangkan saja, mulai dari es krim, pembalut, minyak goreng, gula, bir, permen sampai alat kontrasepsi tersedia dalam  satu minimarket. Konsumen tidak perlu repot pindah satu toko ke toko lain hanya karena stok barang tidak tersedia. Mungkin inilah salah satu alasan terkuat mengapa banyak orang termasuk Anda memilih pergi ke minimarket.

Baca juga:  Budi Daya Ikan Lele Lebih Hemat Menggunakan Kolam Terpal

2. Harga tidak terpaut jauh

Mengenai harga sebenarnya cukup relatif, karena ada beberapa orang mengatakan harga barang di minimarket lebih mahal ketimbang di warung tradisional. Atau ada pula yang mengatakan harga sama, dan malah beberapa produk lebih mahal di warung ketimbang minimarket. Tetapi pada umumnya harga barang yang dijual di minimarket lebih mahal, tetapi tidak terlalu terpaut jauh perbandingannya.

Mungkin ini juga yang menjadi alasan kedua mengapa banyak konsumen yang akhirnya memilih ke minimarket. Perbandingan harga beberapa ratus rupiah sepertinya tidak menjadi masalah berarti bagi konsumen. Kecuali memang perbandingan harga cukup jauh, pastinya konsumen akan berpikir dua kali.

3. Pelayanan ramah

Apakah Anda pernah di sapa pemilik warung saat berkunjung? Contohnya “Selamat pagi, selamat datang di warung kami”. Mungkin Anda tidak pernah mendapatkan sapaan salam saat membeli di warung meskipun mungkin saja ada warung yang selalu memberi sapaan. Tetapi ketika pergi ke minimarket bonafit tentu Anda akan mendapat salam ramah yang menghangatkan suasana.

Inilah salah satu pelayanan yang dimaksud. Bahkan pegawai minimarket siap membantu bila Anda mengalami kesulitan mencari barang atau membawa barang bawaan. Pelayanan ekstra semacam ini membuat konsumen semakin betah saja di minimarket. Mungkin Anda memiliki pengalaaman berkunjung ke sebuah warung yang pemiliknya ‘judes’ atau kurang ramah?

4. Fasilitas untuk kenyamanan

Panasnya udara disiang hari akan terobati seketika saat Anda masuk ke minimarket. Ya, ruangan yang berpendingin udara (AC) membuat pengunjung nyaman. Terkadang ada saja orang yang sebenarnya tidak berminat membeli, tetapi karena tidak tahan dengan cuaca panas akhirnya masuk ke minimarket dan membeli satu atau dua barang.

Baca juga:  Inilah Cara Ampuh Untuk Menghadapi Keluhan Pelanggan/ Konsumen

Fasilitas lain adalah area parkir yang biasanya sudah ada, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Susah untuk mendapatkan warung yang berpendingin udara atau warung yang memiliki area parkir luas. Pikirkan saja, dengan harga jual yang tidak terlalu terpaut jauh tetapi Anda sudah mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang lebih.

5. Berkesan modern

Di malam hari lampu-lampu dari minimarket seolah-olah adalah yang paling terang. Penataan produk cukup rapih didalam, dan fasilitas yang ada membuatnya berkesan modern. Orang berpikir bahwa belanja di minimarket terkesan lebih bonafit ketimbang di warung. Atau minimal Anda akan lebih bergengsi karena masuk ke ruangan ber-AC. Ini alasan yang bisa saja muncul dari seseorang meski tidak semua berpikir seperti itu.

Dari sinilah Anda dapat belajar bahwa yang namanya pelayanan lebih dan fasilitas ekstra akhirnya sanggup memenangkan persaingan bisnis. Kesimpulannya Anda tidak perlu sayang dengan uang Anda untuk memberikan fasilitas lebih kepada konsumen.