Sebuah-Blog

Ingin memiliki blog yang berkualitas, blog yang bonafit, atau blog yang ramah dengan pengunjung? Anda perlu belajar banyak dalam memahami apa yang diinginkan oleh pengunjung. Tidak semua blogger menyadari bahwa ternyata elemen-elemen yang ada pada blog memudahkan pengunjung. Atau ada banyak yang belum menyadari bahwa blognya terlalu sederhana sehingga berkesan membosankan meski blog yang terlalu ramai juga dianggap ‘norak’.

Nah, pada artikel ini kami khusus akan membahas dan memberi tips apa saja yang harus wajib ada pada sebuah blog, atau bagaimana rancangan blog yang ideal dan ramah pengunjung. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

Mengatur Banner

Sebuah blog menarik dan ideal umumnya memiliki kolom untuk penempatan gambar banner. Ukurannya tidak terlalu besar, dan hanya memanjang saja. Aturlah banner dengan nama blog Anda dan dengan didesain grafis logo blog. Pengaturan banner semacam ini sangat pas dan tidak terlalu mengganggu, namun tetap memperlihatkan identitas blog Anda.

Sebagai contoh sebuah banner ditempatkan dibagian atas blog yang membahas fotografi dirancang dengan gambar atau logo gambar kamera. Dalam banner bertuliskan nama blog ‘fotokamera’ dan berisikan keterangan ‘referensi dunia fotografi terlengkap’. Dari sinilah orang akan mengetahui apa nama blog dan tema blog Anda.

Mengatur Kategori

Kategori blog menjadi seperti wadah agar memudahkan seseorang mencari apa yang diinginkan. Terkadang ada saja blog yang tidak menempatkan kategori sehingga artikel ditempatkan pada satu kolom sehingga berkesan acak-acakan. Jadi pastikan Anda menempatkan artikel-artikel dengan kategori yang tepat.

Baca juga:  6 Penyebab Yang Membuat Blogger Malas Menulis

Kolom kategori bisa diletakan diatas atau tepat dibawah banner. Ada pula blog yang menempatkan kategori di bagian atas dan di bagian samping. Itu tidak masalah selama penempatan rapih. Contoh kategori untuk blog bertema bisnis online adalah: bisnis online, tips SEO, Media sosial, Marketing online, E-book, dan lain-lain. Pada setiap kategori juga dapat dibagi-bagi menjadi sub kategori bila memang bisa dimungkinkan.

Cantumkan Kolom About

Sering kali blogger melupakan kolom About, padahal kolom ini berfungsi untuk menuliskan siapa pemilik dan penulis blog, kemudian apa visi dan misi yang ingin dicapai. Dengan adanya kolom About maka para pengunjung akan lebih yakin mengenai artikel yang ada karena jika tanpa kolom ini maka sebuah blog akan disebut anonim dan kebenarannya patut dipertanyakan.

Cantumkan Kolom Pencarian

Tidak ada fitur kolom pencarian? Berarti Anda adalah blogger yang menyusahkan pengunjung. Bagaimana tidak untuk mengeksplore blog tanpa fitur Pencarian berarti membuat pengunjung harus masuk kategori satu ke kategori yang lain. Padahal dengan fitur Pencarian pengunjung bisa menuliskan kata kunci, kemudian akan muncul apa yang ia cari.

Kemudahan menjelajah sebuah blog dengan fitur Pencarian tentu lebih cepat ketimbang cara mengklik seluruh kategori. Anda bisa menempatkan kolom Pencarian dibagian pojok atas seperti kolom Pencarian situs Wikipedia.

Cantumkan Kategori Lain

Selain kategori utama, Anda juga bisa mencantumkan kategori-kategori lain dari artikel yang ada. Sebagai contoh adalah kategori untuk ‘Artikel terbaru’, ‘Artikel terfavorit’, ‘Artikel Top Hits’. Dari penambahan kategori lain inilah yang membuat pengunjung tahu mana artikel yang paling sering dibaca, mana artikel terbaru, artikel populer dan sebagainya.

Baca juga:  Cara Unik Mempromosikan Blog Anda Secara Offline

Cantumkan Kolom Komentar

Pentingnya kolom komentar agar kita bisa mengetahui respon pengunjung atas blog maupun artikel yang ada. Sekaligus menjadi bahan evaluasi dan mengetahui seberapa kurangnya artikel kita. Ada sesuatu kesalahan besar jika blog Anda tidak memiliki kolom komentar.

Tetap Pertahankan Artikel Lama

Artikel lama sebaiknya tidak perlu dihapus, kecuali jika dalam artikel tersebut ada kesalahan atau alasan lain. Artikel lama bisa ditempatkan pada kolom Archive, dan mungkin siapa tahu memang sangat berguna.

Cantumkan Link Media Sosial

Agar semakin populer, blog Anda harus memiliki akun media sosial sendiri. Anda bisa menempatkan link berupa ikon-ikon media sosial baik itu Facebook, Twitter dan lain-lain. Dengan ini Anda tetap bisa menginformasikan kepada pengikut media sosial mengenai update terbaru maupun informasi lainnya.