Jasa-Pengiriman-Barang

Era internet menjadikan bisnis jasa pengiriman barang atau ekspedisi kian menjamur. Mungkin dahulu Anda hanya dapat mengirimkan barang melalui kantor pos, namun saat ini ada banyak agen jasa pengiriman barang dengan penawaran menarik. Bahkan ada jasa pengiriman barang yang langsung sampai ke tujuan dalam waktu satu hari, biasanya memanfaatkan transportasi cepat seperti kereta api maupun bus.

Sayangnya jasa pengiriman barang yang cepat tidak tersedia di semua tempat bahkan hanya untuk area tertentu saja yang dapat terakses transportasi tersebut. Bagi Anda seorang seller online, tidak perlu cemas memilih-milih mana jasa pengiriman barang yang bagus. Saran kami, Anda cukup mencari referensi, informasi, kredibilitas maupun layanan jasa pengiriman barang tersebut.

Nah, berikut ini adalah tips dan cara memiliki jasa pengiriman barang atau jasa ekspedisi yang bagus

1. Jangkauan service

Ketika pihak buyer berdomisili di daerah perkebunan jauh di Sumatera Selatan, maka tidak cocok jika Anda gunakan perusahaan ekspedisi dengan service area terbatas. Sebagai contoh perusahaan pegiriman barang dengan jangkauan service terluas adalah kantor pos.

Jadi ketika Anda mendapatkan order untuk pengiriman daerah terpencil, alhasil kantor pos adalah solusinya. Kantor pos sudah tersebar ke seluruh Indonesia sehingga mampu diandalkan untuk mengantarkan barang Anda. Sedangkan untuk pengiriman barang dengan tujuan di wilayah perkotaan atau khususnya Jawa dan Bali maka hampir seluruh perusahaan ekspedisi memiliki jangkauan service yang terjamin.

2. Asuransi dan jaminan

Penting untuk mendapatkan jaminan keamanan karena bisa saja dalam proses pengiriman barang hilang, cacat atau terjadi hal yang tidak diinginkan. Perusahaan jasa pengiriman barang yang baik seharusnya memberikan asuransi dan jaminan keamanan.

Baca juga:  Tips Membuat Website Terlihat Lebih Professional

3. Sehari sampai gunakan ekspedisi khusus

Sebagai contoh Anda berdomisili di kota Bekasi dan ingin mengirim barang ke kota Yogyakarta dengan permintaan buyer satu hari sampai. Gunakan saja jasa perusahaan ekspedisi khusus yang menggunakan transportasi kereta api atau bus. Agen ekspedisi ini umumnya berada di area stasiun untuk pengiriman via kereta api maupun terminal untuk pengiriman via bus.

Sayangnya ekspedisi ini terbatas hanya untuk wilayah tertentu yang bisa diakses transportasi kereta api dan bus tertentu. Selain itu pihak penerima terkadang juga tidak akan mendapatkan layanan antar barang ke rumah atau dengan kata lain barang harus diambil.

4. Minta review orang yang lain pernah menggunakan

Saat Anda ingin menggunakan jasa pengiriman tertentu, pastikan Anda bertanya pada teman atau kerabat Anda yang sudah pernah menggunakannya. Tanyalah bagaimana pelayanannya dan perkiraan berapa lama sampai tujuan. Tanyakan juga apakah perusahaan ekspedisi tersebut memberikan jaminan soal keamanan barang.

5. Pilih perusahaan yang memberikan akses tracking barang

Untuk perusahaan jasa pengiriman barang yang sudah professional dan bonafit tentu memberikan layanan ekstra. Salah satunya adalah akses kepada pelanggan untuk melihat status barang (tracking) secara online. Sebagai contoh ketika Anda gunakan perusahaan ‘A’, Anda bisa masuk ke situs resminya kemudian melihat status barang.

Apakah barang masih dalam proses perjalanan atau apakah barang sudah tiba di kota tujuan atau apakah barang sudah diterima. Pemantauan semacam ini bisa memungkinkan barang lebih terjamin keamanannya karena pihak pengirim dan penerima mengetahui statusnya.

Baca juga:  Memahami Beberapa Karakter Orang Indonesia Dalam Belanja Online

6. Customer service mudah dihubungi

Mengapa harus memperhatikan kontak customer service segala? Sudah jelas karena yang namanya pemantauan via tracking online bisa saja salah atau ada masalah lain. Sebagai contoh ketika barang telah sampai di kota tujuan, kenyataannya selama beberapa hari ditunggu ternyata barang belum sampai ke rumah penerima. Mungkin alasannya adalah kurir yang teledor atau hal lain. Jadi solusi terakhir adalah menghubungi kontak customer service dan menanyakan soal barang Anda.

7. Jangan terpaku pada satu perusahaan

Pada dasarnya Anda tidak perlu menggunakan satu jasa ekspedisi saja. Melalui review dan referensi dari orang lain Anda bisa menggunakan jasa ekspedisi berbeda tergantung berapa lama ingin cepat sampai atau kemana tujuan pengiriman barang. Kesimpulannya setiap jasa pengiriman barang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.