Bisnis-Musiman

Hujan turun di musim hujan, tentu itu merupakan sesuatu yang wajar sebagai pergantian cuaca. Namun bagaimana jika ada bisnis yang dapat dilakukan pada musim tertentu? Seperti hujan memang karena ada beberapa bisnis yang bisa dijalankan ketika ada sebuah momen maupun kejadian yang terjadi.

Jadi tanpa ada momen tertentu sebuah bisnis yang bersangkutan akan sulit dijalankan. Meski hanya sebagai musiman tentu Anda tidak bisa menyepelekan begitu saja karena keuntungan bisa didapat berlipat-lipat. Nah, berminat untuk menjalani bisnis musiman? Berikut ini akan kami ulas sekitar 10 bisnis musiman yang memberikan keuntungan cukup menjanjikan dan tentunya mudah untuk dijalani:

1. Bisnis Kaos Sepakbola/Olahraga

Bisnis kaos sepakbola paling cocok dijalankan saat sedang musim sepakbola, baik itu piala dunia, piala Eropa, atau menjelang berakhirnya kompetisi Liga Champions. Itu adalah musim sepakbola di luar negeri, bisa juga Anda menjalankan bisnis ini ketika tim nasional sedang berlaga pada turnamen tertentu.

Sebenarnya tidak hanya sepakbola saja, karena di Indonesia sendiri ada Pekan Olahraga Nasional yang banyak dijadikan peluang menjalankan bisnis perlengkapan olahraga seperti kaos, souvenir dan lain sebagainya. Saat sedang musimnya banyak pedagang-pedagang yang menggelar dagangannya tidak di toko melainkan di pinggir jalan atau komplek stadion tempat diadakannya pertandingan.

2. Bisnis Barang Bertema Nasionalisme

Saat sedang merayakan hari ulang tahun kemerdekaan semangat nasionalisme kembali tumbuh. Manfaatkan momen ini dengan menjalankan bisnis dagang berbagai barang-barang bertema nasionalisme seperti bendera, umbul-umbul, lampu hiasan atau pernak-pernik untuk hiasan lainnya. Target pemasaran tentu adalah semua kalangan masyarakat dan juga kelompok maupun organisasi yang hendak mengadakan lomba-lomba. Pada momen ini pohon pinang, kerupuk dan kelereng juga cukup laris untuk perlombaan.

Baca juga:  Mengapa Perlu Menjalankan Bisnis di Usia Muda

3. Bisnis Buah di Musim Buah

Ada buah yang memang hanya ada pada musim tertentu saja. Jadi jangan salah bila Anda kadang kali melihat pada bulan tertentu di sepanjang jalan ada yang menjual kelengkeng saja, atau rambutan saja atau mangga saja. Bisnis ini sepertinya cukup menguntungkan dan tidak harus digelar di toko. Hanya saja kelemahan bisnis ini adalah pada kondisi buah yang tidak bisa bertahan lebih lama lagi karena proses pembusukan.

4. Bisnis Peralatan Sekolah di Musim Kenaikan

Pada pertengahan tahun adalah saat para siswa sekolah berlanjut ke tingkat selanjutnya, baik kenaikan kelas atau lanjut ke jenjang berikutnya. Momen inilah sangat bagus dimanfaatkan untuk menjual berbagai peralatan sekolah seperti buku, tas, sepatu, seragam dan lain sebagainya. Bahkan tidak jarang ada toko yang sehari-hari tidak menjual peralatan sekolah, namun pada musim kenaikan menjual peralatan sekolah.

5. Bisnis di Musim Lebaran

Kami mengira bahwa momen menjelang lebarang adalah momen yang sangat cocok untuk menjalankan bisnis apapun. Namun yang paling banyak adalah bisnis kuliner dan pakaian. Kuliner peluangnnya besar terutama saat-saat menjelang berbuka puasa dan untuk disajikan pada hari lebaran. Sedangkan bisns pakaian utamanya adalah bisnis busana muslim serta perlengkapannya karena akan tidak cocok bila Anda menjual pakaian yang tidak sesuai dengan corak agama.

Baca juga:  5 Contoh Bisnis Penyewaan Dengan Modal Minim

Tidak kalah menggiurkan juga pada musim lebaran berbisnis parcel menjadi bisnis yang menguntungkan mengingat ada banyak para ibu rumah tangga ingin lebih praktis memberikan bingkisan kepada sanak saudaranya. Sudahkah? Ada satu lagi yang tidak boleh dilewatkan pada musim lebaran, yakni penjualan tiket agen seperti Bis, kereta, kapal, maupun pesawat.  Sayangnya bisnis ini harus dijalankan secara penuh, bukan secara musiman.

6. Bisnis di Musim Natal

Untuk daerah yang mayoritas beragama Nasrani, bisnis pernak-pernik Natal akan sangat menggiurkan. Ada barang yang bisa dijual seperti pohon natal (cemara) baik yang asli maupun yang terbuat dari bahan plastik, lampu kelap-kelip, topi sinterklas, parcel dan berbagai pernak-pernik lainnya. Bisnis kuliner di musim Natal juga patut Anda lirik karena di musim ini banyak kegiatan yang dilakukan seperti misa dan kebaktian perayaan.

7. Bisnis Menjelang Tahun Baru

Tahun baru adalah hari yang dinantikan, berjualan terompet dan topi tahun baru adalah bisnis yang sangat logis. Disamping itu saat menjelang tahun baru akan banyak bermunculan penjual-penjual petasan dan kembang api. Namun kami menyarankan Anda hanya menjual kembang api yang tergolong aman saja.

Selamat menjalani bisnis musiman