Blogger-Malas-Menulis

Saya ragu apakah Anda seorang blogger sejati atau hanya blogger yang hanya muncul sekali dalam beberapa pekan. Atau yang lebih parah mungkin Anda seorang blogger pembuat blog zombie, sudah dibuat namun tidak terurus bagaikan tanpa tanda-tanda kehidupan. Dunia blogging bukanlah kegiatan yang sia-sia, akan ada banyak ilmu yang didapat, wawasan yang semakin luas serta keuntungan uang bila memang orientasi Anda dalam blogging adalah bisnis.

Tetapi blogger tetaplah manusia yang memiliki semangat dan keletihan. Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang ada titik jenuh dimana blogger mulai merasa malas untuk kembali menulis dan memposting konten di blognya. Tetapi sebenarnya jika diperhatikan rasa malas yang dirasakan tidak muncul begitu saja. Tentu ada penyebab yang membuat Anda akhirnya malas menulis dan malas melancarkan strategi untuk berebut tahta pertama pada mesin pencari Google.

Mungkin berikut ini adalah 8 penyebab atau alasan yang paling sering membuat blogger malas nge-blog:

Kehilangan Ide-Ide

Salah satu yang terutama dalam nge-blog adalah memiliki sebuah ide, dan ide tersebut harus selalu ada selama masih ingin nge-blog. Sayangnya kemampuan berpikir manusia memang terbatas, itulah yang membuat blogger akhirnya sulit mendapatkan ide baru untuk menghasilkan konten menarik dan bagus.

Jika sudah demikian, banyak blogger yang akhirnya memilih jalan sesat dengan mengcopy-paste konten orang lain.Sebenarnya yang Anda butuhkan adalah penemuan ide baru, dengan cara mengunjungi konten blog lain atau sekedar sharing dengan sesama blogger. Copywriter menjadi alternatif jika Anda sudah hilang ide cemerlang.

Baca juga:  5 Mitos Dalam Menulis Artikel Blog Yang Masih Dipercayai

Sepi Pengunjung

Sepi pengunjung, rasanya menyedihkan. Padahal Anda mungkin sudah ingin sekali menjadi blogger professional yang mendapatkan uang dari sistem Pay per Click. Namun dengan minimnya visitor, tentu sulit untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Serasa seperti percuma saja banyak ide dan banyak waktu untuk nge-blog tetapi pengunjungnya tetap sepi.

Penting untuk diperhatikan kembali soal kualitas artikel Anda apakah sudah bagus, apakah halaman blog mudah diakses (tidak berat), apakah sudah dimaksimalkan dengan opmtimisasi kata kunci, atau mungkin saja blog Anda sama sekali belum terindex?

Koneksi Internet Lambat

Bagi Anda yang tinggal diperkotaan mungkin tidak akan mengalami masalah ini. Namun bagi blogger di daerah-daerah cukup banyak yang mengalami problem ini. Ya, koneksi internet yang tidak cepat sangat menjengkelkan, dan membuat malas untuk nge-blog. Untuk membuka halaman lain sekedar mencari referensi saja harus menunggu lama. Untuk membuat dan memposting satu konten saja lamanya bisa sampai berjam-jam. Bukankah sangat malas?

Blog Tidak Kunjung Masuk Page Pertama Google

Jika permasalahannya adalah ini, mungkin Anda adalah salah satu blogger pemburu dollar. Blogger semacam itu mengutamakan penempatan artikel untuk masuk ke halaman utama pencarian Google. Strategi SEO padahal sudah dilancarkan, backlink terlalu banyak dan kata kunci dalam satu artikel sudah dimunculkan disetiap paragraf.

Namun akhirnya frustasi karena hanya masuk pada halaman 5. Ketahuilah bahwa blogging tidak selalu menempatkan judul pada page rank pertama Google Search. Bagaimana pun juga jika konten bagus, pastinya akan tetap dicari visitor.

Baca juga:  Jenis Konten Blog yang Mudah Dibuat dan Banyak Dicari

Punya Hobi Lain

Utamanya, kegiatan blogging merupakan sebuah hobi yang bisa menjadi profesi. Seharusnya setiap orang selalu memiliki semangat dalam menjalankan hobi, seperti halnya blogging. Namun ketika Anda sudah mulai menjalani hobi lain akhirnya membuat passion blogger Anda sedikit demi sedikit hilang. Anda mulai sibuk dengan hobi baru, apalagi jika hobi tersebut menyita banyak waktu. Alhasil saat membuka komputer Anda hanya membuka sosial media, dan mulai malas untuk menulis.

Terlalu Sibuk Dengan Pekerjaan

Alasan ini mungkin adalah yang paling masuk akal. Bagaimana pun juga pekerjaan Anda adalah yang terutama, bahkan banyak orang yang akhirnya rela tidak dapat menjalankan hobi karena terlalu sibuk bekerja. Untuk blog yang sudah memiliki visitor banyak dan rutin mendapatkan pendapatan dari program pengiklanan, ada baiknya tetap harus terurus meski Anda adalah orang sibuk.  Alternatifnya adalah dengan membayar sejumlah tenaga penulis freelance untuk mengisi blog setiap harinya.