Model-Bisnis-yang-Sedang-Populer

Bisnis adalah kesibukan, bisnis adalah bagaimana kita memperoleh keuntungan dan bisnis adalah jalan hidup. Ada cukup banyak model bisnis yang berkembang saat ini, baik yang dilakukan secara perorangan atau independen maupun yang dilakukan dalam kemitraan. Teknologi internet membuat orang lebih mudah untuk menemukan bisnis apa yang mereka inginkan.

Tetapi sepertinya ada beberapa model bisnis yang memang sedang booming dan diminati masyarakat umum saat ini. Seperti apa model bisnis tersebut? Dan mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang memang berniat untuk menjalankan usaha. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Model Bisnis Skema Ponzi

Model bisnis dengan skema ponzi saat ini sedang populer meski cukup mengundang kontroversial dan di kritik berbagai pihak. Salah satu perusahaan penyelenggara bisnis dengan skema ini adalah MMM atau Mavrodi Mondial Moneybook dan kadang-kadang disebut dengan istilah Manusia membantu Manusia. Mekanisme kerja bisnis ini adalah dengan mewajibkan anggota untuk mengisi data pribadi yang tersedia di website MMM guna membuat aku.

Setelah nomor rekening terdaftar selanjutnya anggota akan diposisikan sebagai profit help (PH). Pihak PH diberikan pilihan memilih satu hari tertentu sebagai hari penentuan pertumbuhan makro yang merupakan persentase pengembalian yang biasanya sebesar 8%. Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menganggap bahwa bisnis ini adalah arisan tidak jelas, namun tetap saja banyak anggota baru yang bergabung.

3. Model Bisnis MLM Online

Dahulu MLM dijalankan secara offline dimana perekrutan member dan pemasaran produk dilakukan dari mulut ke mulut atau dari brosur atau bisa juga dari seminar-seminar. Tetapi dijaman serba modern ini ada model bisnis MLM yang dilakukan secara online. Meski dilakukan secara online tetap saja ada produk yang dimiliki dan harus dijual.

Baca juga:  Apa Saja Peran Teknologi Informasi Dalam Bisnis? Yuk Baca Ini

Salah satu contoh sistem MLM Online adalah dengan memfollow up calon anggota baru secara online dengan dilakukan secara otomatis melalui sistem web yang telah dibuat pihak penyelenggara bisnis MLM Online. MLM Online dianggap lebih cepat dan praktis, serta modal yang dikeluarkan dianggap tidak sebesar apabila Anda bergabung dengan bisnis MLM konvensional.

4. Model Bisnis Jual E-book

Ketika Anda melakukan pencarian dengan kata kunci ‘bisnis online’ atau ‘bisnis online mudah’ dan sejenisnya, Anda akan sering menemukan website yang memberikan tulisan panjang dan memamerkan keuntungan tiap bulan.

Tetapi kebanyakan dari website tersebut adalah menjual sesuatu, salah satunya adalah E-book. Dan nantinya Anda juga akan diminta untuk kembali menjual E-book tersebut melalui situs baru atau melalui sistem marketing lain. Bisnis ini tidak akan membutuhkan modal yang besar, atau bahkan yang dijual bisa saja merupakan E-book yang sudah ada.

5. Bisnis Kuliner dengan Booth

Sebelum populernya penggunaan booth, banyak pedagang dipinggir jalan kesulitan untuk menggelar dagangannya. Gerobak-gerobak umumnya lebih berat, dan kurang terlihat menarik. Itulah kenapa saat ini banyak wirausaha kuliner dipinggir jalan lebih memilih menggunakan booth. Awalnya booth sering digunakan untuk menggelar pameran karena berupa panggung mini.

Namun saat ini banyak dikembangkan menjadi gerobak mini untuk menjual aneka kuliner. Beberapa bisnis kuliner populer yang menggunaan booth adalah es capuccino, es cincau, kebab, martabak, burger, pizza, es krim dan lain sebagainya. Usaha dagang semacam ini banyak ditemui terutama di berbagai kota besar di sepanjang jalan yang dekat dengan pusat keramaian.

Baca juga:  4 Jenis Produk Yang Sulit Laku Dipasarkan Secara Online

6. Jual Produk via Internet

Dari sekian banyak bisnis populer saat ini, berjualan produk via internet adalah yang paling banyak dilakukan dan sangat populer. Bahkan ada banyak orang yang tidak memiliki toko namun memiliki hanya toko online. Bisa menggunakan website resmi atau website gratisan untuk menjual produk. Selain itu ada juga yang memilih untuk menjualnya via forum online, jejaring sosial maupun situs jual beli khusus. Metodenya dilakukan secara online dengan pembayaran via rekening maupun kartu kredit.

7. Model Bisnis Waralaba

Salah satu model bisnis yang tidak kalah populer, dengan berbagai bidang dan produk. Bisnis waralaba cocok bagi Anda pemilik modal namun tidak mengerti bagaimana memulai bisnis. Dengan bisnis kemitraan ini memungkinkan usaha Anda lebih mapan karena telah membeli hak pakai nama merk dagang yang sudah terkenal dan memiliki reputasi. Umumnya pihak penyedia waralaba menyediakan training serta peralatan yang dibutuhkan bagi anggotanya.