Ada banyak opsi bisnis online yang dapat Anda jalankan, mulai dari berdagang produk, menjual jasa, blogging, MLM online dan berbagai bisnis lainnya. Yang pasti ada banyak peluang melalui fasilitas internet, apalagi saat ini sudah mulai banyak platform yang dapat digunakan untuk menunjang bisnis online. Khususnya adalah layanan sosial media populer yang sudah mulai ramai serta penuh fitur.

Namun yang perlu disadari adalah ketika Anda sudah mulai menjalankan bisnis via online, maka Anda juga harus memikirkan mengenai perangkat dan hal-hal penunjang lainnya. Bagaimana mungkin Anda dapat menjalankan bisnis online tanpa perangkat serta faslitas yang mendukung? Setidaknya Anda harus memiliki komputer atau laptop atau alternatif paling populer adalah penggunaan ponsel pintar.

Meski sudah memiliki fasilitas tersebut sayangnya tetap saja ada beberapa hal yang dapat menghambat aktivitas bisnis Anda. Bahkan beberapa hal tersebut merupakan hal sepele yang sebenarnya bisa dihindari. Apa sajakah itu? Ulasan selengkapnya dibawah ini:

1. Paket Internet Habis

Ketika sedang bertransaksi dengan klien via media sosial atau aplikasi messenger, tiba-tiba komunikasi terputus. Mungkin Anda bisa menyalahkan pihak provider karena terputusnya koneksi internet. Namun Anda harus check dahulu isi kuota paket data internet, jika sudah habis maka yang patut disalahkan adalah diri sendiri. Mengapa Anda tidak mengecek sebelumnya sebelum habis?

Masalah ini mungkin sering dihadapi, dan akhirnya menghambat komunikasi dengan konsumen. Mulai hari ini pastikan Anda selalu memantau layanan internet perangkat Anda mengetahui kapan harus isi ulang kembali. Mungkin konsumen yang terlalu lama menunggu balasan pesan mengira Anda tidak akan membalasnya.

Baca juga:  4 Cara Belajar Internet Marketing, Anda Pilih Yang Mana?

2. Perangkat Yang Lemot

Disaat-saat genting sedang tawar menawar harga, Anda harus dipusingkan dengan perangkat yang entah mengapa macet atau merespon lambat. Menjengkelkan, namun apa daya? Itulah mengapa Anda harus menyadari kemampuan spesifikasi dari perangkat Anda. Jangan sampai perangkat smartphone atau komputer yang terbatas Anda pasangi banyak aplikasi atau terlalu banyak membuka banyak aplikasi sehingga membuat memori RAM tidak memiliki space kosong.

3. Layanan Messenger Lambat

Kasus yang sebenarnya bisa dihindari, yakni lambatnya penggunaan layanan messenger. Sebagai contoh adalah layanan BBM yang sangat populer. Aplikasi ini kurang responsif bisa karena beberapa hal seperti penggunaan versi baru yang mungkin dianggap kurang sesuai dengan perangkat Anda. Kedua adalah banyaknya kontak yang Anda miliki atau obrolan-obrolan menumpuk yang tidak Anda hapus.

Jika masalahnya adalah BBM versi baru, maka solusi terbaik adalah lakukan downgrade versi lama, kemudian hapus kontak, group maupun channel yang tidak penting serta hapus obrolan-obrolan dari daftar. Masalah sepele namun bisa menghambat aktivitas bisnis online Anda.

4. Layanan Internet yang Lambat

Dalam masalah ini Anda tidak dapat melakukan apapun karena lembatnya internet adalah karena kesalahan dari pihak operator. Mungkin Anda hendak memposting barang dagangan pada forum namun lamanya sampai setengah jam. Atau mungkin saat mengupload foto selalu gagal ditengah proses.

Tentu ini adalah masalah yang tidak bisa dibiarkan. Anda harus cari penyedia layanan internet yang menjamin kecepatan akses internet. Harga lebih mahal mungkin akan menjadi masalah baru, namun percayalah koneksi internet cepat lebih menguntungkan dan membuat aktivitas bisnis online Anda lancar jaya.

Baca juga:  10 Fakta Mencengangkan Tentang Dunia Wirausaha

5. Tidak Fokus Pada Aktivitas Marketing dan Melayani Konsumen

Ketika sudah didepan layar komputer atau smartphone, ada banyak godaan datang. Godaan-godaan tersebut bisa berupa keinginan Anda untuk bermain game atau browsing hal-hal yang tidak penting. Alhasil aktivitas bisnis online terabaikan dan Anda sudah tidak fokus lagi melayani konsumen karena saking asyiknya bermain game. Alasannya mungkin karena sedang sepi order, padahal ketika sedang dalam kondisi sepi order justru Anda harus meningkatkan strategi marketing untuk meramaikan order kembali.

6. Kurangnya Pengetahuan Strategi Bisnis Online

Ada banyak waktu dan sudah berniat fokus untuk berbisnis online, namun yang menjadi kekurangan adalah kurangnya wawasan mengenai strategi berbisnis online. Mulailah mempelajari teknik berdagang online yang baik seperti memanfaatkan forum jual beli, membuat website resmi (toko online), lakukan trik SEO, serta memanfaatkan sosial media sebagai platform bisnis.