Startegi-Untuk-Menarik-Pengunjung-Blog

Untuk menarik para pengunjung agar mengakses web maupun blog, biasanya sang admin sering memasang strategi SEO atau dalam bahasa Indonesia disebut Optimasi Mesin Pencari. Trik SEO memang dianggap sangat jitu untuk menaikan traffic kunjungan karena web atau blog kita bakal muncul pada saat orang melakukan pencarian menggunakan mesin pencari seperti Google. Bisa jadi situs Anda berada di bagian paling atas atau setidaknya berada pada halaman pertama, kedua maupun ketiga.

SEO memang memanfaatkan mekaniksme kerja maupun algoritma pada mesin pencari sehingga cuku efektif. Nah, bagi Anda yang memang sedang memanfaatkan jaringan internet sebagai media bisnis, sangat dianjurkan untuk menggunakan SEO.

Namun saat ini yang jadi pertanyaan apakah hanya SEO satu-satunya trik dan strategi marketing online saat ini? Tentu saja tidak, masih ada beberapa strategi untuk meningkatkan Traffic kunjungan ke situs milik Anda baik dilakukan dengan memanfaatkan internet maupun secara offline. Berikut ulasan selengkapnya dibawah ini:

Artikel terkait: Niche Website/Blog Yang Banyak Dicari Orang di Internet

1. Promosi via Sosial Media

Pemanfaatan layanan situs jejaring sosial memang harus dimaksimalkan. Luangkan waktu untuk mempromosikan halaman website maupun blog Anda melalui sosial media. Bisa menggunakan Facebook, Twitter, Path maupun Instagram. Sebagai contoh Anda bisa share di Facebook salah satu artikel Anda melalui update status, seperti menggunakan tautan.

Jika artikel menarik tentu akan membuat teman Anda di Facebook membuka tautan tersebut. Apalagi jika postingan tersebut disertai dengan gambar dan keterangan jelas. Akan lebih maksimal lagi jika website atau blog Anda memiliki akun resmi dengan jumlah followers banyak.

2. Email Signature

Apa yang dimaksud dengan Emai Signature? ini merupakan catatan kaki yang otomatis selalu muncul ketika Anda mengirimkan email kepada seseorang. Nah, Email Signature ini sering dimanfaatkan sebagai tempat peletakan link web atau blog. Sepele mungkin karena Email Signature sering ditempatkan di pojok badan Email.

Namun jangan salah, karena bukannya tidak mungkin orang lain akan mengklik link pada Email Signature Anda. Email Signature menjadi sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki toko online. Selain link bisa juga disertai dengan nama, nomor telepon maupun alamat akun sosial media.

3. Letakan link Pada Profile Online

Satu hal sepele lagi yang dianggap bisa menjadi strategi jitu menaikan Traffic kunjungan situs adalah dengan meletakan link pada setiap profil akun online Anda.. Ini seperti Email Signature , hanya saja cukup diletakan pada profil online. Sebagai contoh pada profil Twitter dibawah foto tersedia kolom yang dapat ditaruhkan keterangan singkat diri Anda. Manfaatkanlah kolom tersebut untuk ditaruhkan link situs Anda.

Misalnya saja, nama “Rio Brian, ahli SEO, IT Konsultan, pemilik blog RioKonsultanSeo.blogspot.com. Pada Facebook link bisa ditaruh pada keterangan pekerjaan sebagai owner situs. Bagus juga bila Anda meletakan link pada profil aplikasi Messenger seperti BBM, WhatsApp dan WeChat.

4. Promosi Melalui Forum Online

Forum online menjadi tempat berbagi lebih leluasa karena disana biasanya disediakan kolom lebih besar dengan tidak terbatasnya berapa kata yang diposting. Anda bisa mempromosikan situs dengan cara memposting salah satu artikel Anda, kemudian pada akhir artikel dibubuhi dengan link sumber situs Anda. Tidak hanya satu link saja, Anda bisa membubuhi beberapa link artikel dari situs Anda. Yang paling jitu adalah menyertakan link dengan judul artikel.

5. Melalui offline

Menjalankan kegiatan online tidak harus didukung dengan kegiatan online pula. Terkadang melalui cara offline bisa berhasil atau setidaknya cukup jitu. Mempromosikan situs maupun blog dengan cara menyertakan alamatnya pada banner atau spanduk adalah cara terbaik. Diutamakan bagi Anda yang memiliki situs toko online maupun penyedia jasa.

Cara lain adalah dengan membuat stiker berisi link kemudian disebarkan kepada masyarakat umum. Atau Anda sendiri memiliki cara lain untuk menaikan Traffic kunjungan melalui strategi marketing offline? Silahkan dicoba.

Baca juga: Pengertian Apa Itu Blog

Demikianlah beberapa trik dan strategi menarik pengunjung ke situs atau blog Anda selain dengan strategi menggunakan SEO (Seacrh Engine Optimization).