produk-jasa-yang-terlarang-diiklankan-facebook-ads

Tidak dipungkiri bahwa layanan Facebook Ads menjadi salah satu program pengiklanan yang paling efektif. Bagaimana tidak, Anda menciptakan sebuah promosi cerdas karena akan lebih tertarget dan mebuat berpeluang terlihat oleh orang-orang yang potensial menjadi konsumen. Di sosial media lain apakah ada program layanan iklan yang lebih cerdas dari Facebook?

Anda bisa menentukan siapa yang bisa melihat iklan Anda berdasarkan usia, jenis kelamin, domisili kota dan negara serta berbagai setting lainnya. Sekedar mempromosikan situs website, menambah Like fans page atau menyebarkan postingan tentu lebih mudah ditambah dengan biaya yang relatif terjangkau ketimbang pemasaran menggunakan media lain. Pastikan bisnis Anda lebih berkembang dan omset bertambah dengan Facebook Ads.

Namun sebelum Anda memanfaatkan program cerdas ini, mungkin Anda harus sedikit meluangkan waktu mengenai apa saja pengiklanan yang boleh dilakukan pada Facebook Ads. Pasalnya Facebook menerapkan peraturan yang begitu ketat tentang konten iklan yang dipasang.

Tujuannya sudah jelas yakni agar orang yang melihat iklan tidak akan dirugikan atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah daftar konten iklan yang terlarang ada pada Facebook Ads:

1. Iklan Produk Alkohol

Konten pertama yang dilarang adalah iklan penjualan produk alkohol. Sebenarnya ini diperbolehkan di banyak negara, kecuali di negara-negara tertentu seperti Arab Saudi, Yaman, Bangladesh, Kuwait, Norwegia, Rusia, Uni Emirat Arab, Pakistan, Mesir, Brunei, Libya, dan Gambia. Bagaimana dengan Indonesia?

Ternyata Facebook tidak menuliskan nama Indonesia sebagai negara terlarang iklan alokohol. Namun tetap saja di Indonesia melarang adanya iklan produk minuman alkohol sehingga peraturannya, Anda dilarang memposting iklan alkohol pada Facebook Ads.

2. Produk Dewasa

Maksudnya adalah konten-konten yang mempertunjukan aktivitas seksual produk atau produk yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan seksual. Termasuk diantaranya video, gambar, maupun publikasi yang termasuk konten dewasa.

Facebook memiliki pengecualian yakni iklan keluarga berencana serta iklan kontrasepsi tetap diizinkan asalkan mematuhi ketentuan penargetan yang sesuai seperti pembatasan usia diatas 17 tahun. Sebagai tambahan pula, iklan situs kencan juga terlarang pada Facebook Ads.

3. Iklan Perjudian dan Lotre

Bagi Anda yang memiliki perusahaan perjudian sepertinya akan sulit beriklan di Facebook. Iklan yang dianggap mempromosikan maupun memfasilitasi perjualan, permainan keterampilan, maupun jenis lotre online, kasino, bingo, serta poker online adalah terlarang. Kalaupun bisa, harus diseleksi ketat konten dan ditargetkan sesuai undang-undang yang berlaku di wilayah yang diiklankan.

4. Iklan Obat dan Suplemen

Cukup jarang bukan menemukan iklan obat pada Facebook Ads? Ya, memang karena Facebook memberlakukan larangan iklan semacam ini. Jadi jangan harap Anda menemukan iklan apotek online karena dilarang. Namun sebagai pengecualian iklan produk Herbal masih diperbolehkan selama tidak mengandung bahan tertentu seperti anabolik steroid, komfrey, chitosan, dehidroepiandrosteron, efedra, hormon pertumbuhan manusia,serta melatonin.

5. MLM Ternyata Juga Dilarang

Bisnis model MLM ternyata menjadi salah satu bisnis yang pengiklanannya dilarang di Facebook. Uniknya Facebook menuliskan pelarangan iklan MLM karena dianggap bertentangan dengan filosofi iklan Facebook. Bahkan dalam Facebook Ads guidelines, MLM dikategorikan sebagai iklan untuk penipuan.

6. Senjata dan Bahan Peledak

Sebenarnya Anda masih bisa menemukan produk ini pada situs jual online tertentu. Namun tentu tidak pada Facebook, karena barang-barang ini termasuk barang berbahaya. Pengecualian adalah senjata semacam pisau namun harus masuk dalam kategori peralatan olahraga dan outdoor.

7. Iklan Perangkat Lunak Tertentu

Facebook banyak mengiklankan produk perangkat lunak game. Namun ternyata aturan iklan perangkat lunak pada Facebook Ads cukup ketat. Ya, iklan yang dimuat dilarang ditautkan secara langsung maupun secara tidak langsung menuju ke situs yang mengandung unduhan spyware/malware, maupun perangkat lunak yang berpotensi menimbulkan pengalaman pengguna tidak terduga, menipu, serta beralku tidak adil.

8. Produk-Produk Menyalahi Aturan Hak Cipta

Facebook menjamin bahwa iklan-iklan yang muncul dipastikan adalah iklan yang kredibel. Ini karena Facebook secara keras melarang pengiklanan produk-produk yang menyalahi aturan hak cipta seperti produk replika, produk bajakan, produk daur ulang dan sejenisnya.

Jadi setelah memahami peraturan tersebut, kini Anda harus melihat apakah produk Anda sudah lulus sebagai produk yang legal di iklankan pada Facebook?