Software-Framework-Game-Engine-Terbaik

Anda pengemar berat game-game HD? Pernahkah Anda membayangkan bagaimana bisa orang merancang sebuah game sebagus itu. Contohnya adalah Call of Duty series yang semakin dihadirkan secara realistis grafisnya, ditambah efek fisika yang benar-benar nyata. Kunci pembangunan grafis dan efek fisika dalam sebuah video game sebenarnya terletak pada apa yang disebut dengan game engine.

Mungkin ini istilah yang cukup asing, game engine merupakan perangkat lunak (software framework) yang dirancang untuk membuat, membangun, merancang serta mengembangkan sebuah video game. Fungsi utama dari game engine sudah tentu meliputi rendering untuk 2D maupun 3D graphic, kemudian untuk collision detection, sound audio, scripting, animasi, networking, artificial intelligence, memory management, threading maupun scene graph.

Sederhananya, seperti Anda membuat sebuah desain grafis typografi, Anda menggunakan software Adobe Photoshop. Nah, dalam game Photoshop inilah yang bertindak sebagai game engine.

Setidaknya ada beberapa game engine terkenal yang dianggap memiliki teknologi mutahir. Game engine terkenal karena sebagaimana game yang sudah dirilis. Berikut ini adalah 5 software framework game engine yang dianggap terbaik saat ini:

1. RAGE (Rockstar Advanced Game Engine)

Anda baru mendengar tentang Rockstar Advanced Game Engine? Lalu bagaimana dengan Grand Theft Auto? Pastinya Anda sudah pernah memainkan game unik ini. Ya, perlu diketahui bahwa GTA ternyata dirancang dengan game engine RAGE ini. Kelebihannya cukup banyak, diantaranya adalah kemampuan untuk menangani dunia streaming game yang cukup besar seperti pada seri GTA.

Kemudian adalah complex A.I. arrangements, menghadirkan efek cuaca , kode jaringan yang sangat cepat serta mampu menghasilkan banyak gaya gameplay baik third person, fps dan Role playing. Grafis yang mampu dibuat juta lebih dinamis memanfaatkan animasi yang realistis. Selain seri GTA: Liberty City, RAGE juga digunakan untuk membuat beberapa game terkenal seperti Max Payne 3, Midnight Club: Los Angeles dan terakhir yang heboh adalah GTA V.

Baca juga:  Facebook Grup Menjadi Tempat Promosi yang Ampuh

2. Frosbite

Setelah RAGE dengan Grand Theft Auto, ada game engine bernama Frosbite yang tidak kalah spektakuler. Ini adalah game engine yang diciptakan oleh perusahaan DICE (Digital Illusions Creative Entertaiment) dan sering digunakan oleh publisher EA. Saat ini game engine Frostbite sudah sering digunakan untuk mengerjakan game-game platform PC Microsoft Windows, serta konsol-konsol game seperti Xbox 360 maupun PlayStation 3. Bahkan juga untuk konsol next gen kelas PlayStation 4 dan Xbox One terbaru.

Untuk yang terbaru dari Frosbite adalah versi 3 yang sudah digunakan untuk menggarap game seperti Plats vs Zombies: Garden Warfare, Dragon Age: Inquisition, Battlefield 4 (first person shooter), Star Wars: Battlefront, dan Mirror’s Edge 2. Kelebihan engine ini adalah adanya teknologi render yang berfokus pada aspek Animasi, Destruction, Skala, Rendering, serta sound Audio. Bahkan Anda bisa melihat tampilan subjek dengan kedalaman ruang tipis pada backgrundnya.

3. Infinity Ward

Penggemar game Call of Duty series tentunya tidak akan asing dengan Infinity Ward. Tidak tanggung-tanggung, penciptaan IW engine ini melibatkan 3 perusahaan pengembang video game diantaranya adalah Infinity Ward Industries, Treyarch serta Sledgehammer Games. Game spektakuler yang pernah dibuat dengan Infinity Ward adalah Call of Duty: Ghosts yang kini tersedia untuk konsol next gen PS 4 dan Xbox One.

Anda akan melihat peta yang multiplayer Dinamis, sistem animasi baru yang realistis untuk gerakan  seperti sliding, lari, melompat dan lain-lain. Pada momen tertenty IW Ward mampu menghadirkan efek asap realistis terutama saat peperangan berlangsung, pencahayaan High Dynamic Range, real-time yang lebih tepat, Graphics Tesselation, dan juga sudah memanfaatkan teknologi canggih rendering Umbra.

Baca juga:  Instal Android di PC dengan Software Gratis

4. CryEngine

Kesuksesan game Crysis menjadi game terbaik adalah berkat kebolehan dari game engine CryEngine. Ya, game engine begitu luar biasa untuk pembuatan grafis 3D, maupun untuk pembuatan karakter yang sangat spesifik. Fitur unggulan lainnya adalah ketersediaan template pembuat kendaraan, iluminasi Real time global dinamis, gambar high dynamic range (HDR) yang merata serta menampilkan efek lingkungan yang rusak akibat damage pertempuran.

Ada beberapa developer game yang menggunakan CryEngine untuk membuat game andalannya, seperti Undead Labs, Capcom, Piranha Games dan lain-lain. Sementara game yang sukses dibest menggunakan engine ini adalah Crysis series, Sniper Ghost Warriorseries, State of Decay, serta Warface.