produk-yang-sulit-laku-dipasarkan-secara-online

Jaman online apa saja bisa dibeli secara online, bahkan ada banyak situs E-Commerce yang mempromosikan sebagai Mall online. Jadi Anda tinggal melakukan order kemudian mentransfer sejumlah uang dan menunggu kurir datang. Atau bisa juga memberikan layanan Cash on Delivery dimana kurir akan datang menemui Anda dan saat itulah Anda baru membayar.

Semakin dimudahkan dan semakin instan saja. Hampir dipastikan bahwa produk yang dijual secara online lebih memudahkan sellernya untuk pemasaran ketimbang hanya dijual secara offline. Lagipula penjualan online juga lebih irit biaya dengan jaringan luas, jika dibandingkan dengan harus membuka toko.

Nah, apakah Anda berminat untuk berdagang online? Apa produk atau jasa Anda? Yang harus dipikirkan adalah bagaimana ciri-ciri produk atau jasa yang sulit laku dipasarkan secara online. Meski transaksi online dianggap instan dan ringkas, pada kenyataannya ada banyak produk yang ternyata tidak cocok dijual via internet.

Berikut ini adalah beberapa jenis produk yang dianggap sulit atau tidak cocok dipasaran secara online. Bisa menjadi referensi bagi Anda yang bingung untuk berjualan:

1. Barang Yang Mudah Dicari Langsung

Kebanyakan orang mencari produk secara online karena jika dicari secara langsung cukup sulit atau tidak seperti yang diharapkan. Jadi jika Anda memiliki toko online yang menyediakan produk yang mudah didapat tentu saja sulit untuk laku.

Sebagai contoh adalah produk kebutuhan sehari-hari seperti sembako, peralatan listrik biasa, furniture biasa, obat-obatan biasa, perlengkapan otomotif biasa dan berbagai produk yang sebenarnya mudah dijumpai dan banyak dijual di toko maupun warung. Dalam pikiran orang, buat apa membeli produk tersebut secara online pada bisa dibeli hanya dengan pergi ke toko sekitar rumah.

2. Produk Yang Mudah Rusak dan Busuk

Produk yang dianggap mudah rusak atau cepat busuk menjadi produk yang sering dihindari untuk dibeli secara online. Bagaimana tidak, mungkin penjualnya berdomisili di Jakarta dan pembelinya berada di Makassar. Perkiraan pengiriman mencapai 3-5 hari, padahal mungkin produk tersebut bisa saja rusak atau busuk dalam 2 hari.

Biasanya adalah produk makanan, bahan baku makanan, hasil pertanian dan lain sebagainya. Mungkin karena inilah hampir sebagian besar E-Commerce menjual barang yang tidak dapat busuk mengingat resiko besar yang akan dihadapi.

3. Produk Dengan Harga Terlalu Murah

Penjualan produk dengan nilai jual yang murah justru tidak cocok dijual secara online. Mengapa bisa demikian? Bukankah banyak orang yang membeli produk secara online karena ingin harga lebih murah? Tunggu dulu, jika produk tersebut memiliki harga hanya sekitar Rp 8.000, 10.000 atau paling mahal 25.000, siapa yang akan membeli?

Dengan produk dengan harga murah sedangkan ongkos kirimnya bisa lebih mahal tentu orang akan berpikir 2 kali untuk membelinya secara online. Apalagi jika produk murah tersebut juga cukup mudah ditemukan di toko sekitar. Terkecuali jika Anda membelinya lebih dari satu atau dalam jumlah banyak, maupun karena produk tersebut benar-benar langka dan sulit sekali dicari di sekitar Anda.

4. Produk Dengan Harga Terlalu Mahal

Masyarakat Indonesia pada umumnya masih banyak yang belum memanfaatkan kemudahan belanja online, kemudian sebagian lainnya bahkan masih meragukan dengan sistem transaksi online.Itulah mengapa untuk pembelian produk dengan harga mahal masih sulit laku di internet. Menurut pengamatan kami, produk yang paling laku keras adalah produk yang memiliki harga berkisar antara Rp 80 ribu sampai Rp 2 jutaan.

Lebih dari itu banyak orang yang masih berpikir apakah membeli secara online atau secara langsung. Untuk dapat laku keras dalam penjualan produk diatas 2 juta Anda harus memiliki E-Commerce dengan reputasi tinggi dan memiliki nama terkenal.Toko online sekelas Bhinneka, Lazada maupun Elevania tentu mudah  karena sudah memiliki nama terkenal dan reputasi bagus. Bagaimana dengan toko online baru? Cukup sulit, tapi bukan berarti mustahil.

Jadi memang tidak semua jenis produk cocok dijual secara online. Mungkin inilah alasan mengapa di internet kebanyakan merupakan barang yang tidak cepat busuk, terkadang sulit dicari disekitar maupun produk-produk unik dan langka.