Cara-Belajar-Internet-Marketing

Dalam pembelajaran internet marketing bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang bagi yang cepat memahami dan memiliki sumber referensi terpercaya, namun sangat susah bagi yang tidak memiliki sumber referensi terpercaya maupun mentornya. Tetapi tidak ada yang salah dalam metode belajar internet marketing, karena yang menjadi masalah hanya seberapa efektifnya dan apakah kita sudah menggunakan cara yang lebih mudah?

Seluruhnya tentu memiliki tujuan yang sama yakni mendapatkan pundi-pundi uang. Seberapa pun canggihnya metode belajar Anda bila ternyata di aplikasikan gagal, maka sia-sia. Nah, setidaknya ada 4 cara belajar internet marketing yang bisa Anda coba, diantaranya adalah belajar secara otodidak, belajar melalui ikut serta dalam seminar, kursus secara langsung dan kursus secara online.

Dari keempat metode yang ada pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini kami akan mencoba mengulas tentang efektivitas, kelebihan dan kekurangan dari keempat metode belajar internet marketing masing-masing:

Belajar Secara Otodidak

Metode belajar secara otodidak tidaklah seburuk yang dibayangkan. Memang banyak yang menganggap belajar sendiri akhirnya meragukan karena tidak memiliki mentor dan biasanya kurang berpengalaman. Namun pada akhirnya ada cukup banyak orang yang belajar internet marketing secara otodidak dapat sukses.

Metode belajar ini mudah saja, bisa dengan membaca artikel populer tentang internet marketing, ‘nongkrong’ di forum, atau bertanya-tanya pada orang lain langsung. Dari sinilah Anda bisa mendapatkan referensi. Bahkan ada kelebihan seorang pembelajar otodidak, yakni mereka berpotensi mendapatkan inovasi baru, strategi baru dan trik baru atas dasar percobaan sendiri yang dilakukannya.

Baca juga:  Pemasaran untuk Affiliate Marketing di Tahun 2015

Memang bagus, namun sebenarnya belajar otodidak membuat Anda lelah. Anda harus berpikir sendiri, mencari referensi sendiri, bingung dengan materinya mulai dari mana kemudian harus kemana.

Belajar Lewat Seminar

Jika Anda memilih enggan belajar secara otodidak dan menginginkan pengetahuan serta referensi langsung dari ahlinya maka caranya harus belajar lewat seminar atau workshop. Belakangan ini memang sedang sering muncul event-event seminar tentang internet marketing, belajar SEO dan sejenisnya. Anda bisa mengikutinya dan mendapatkan keterangan referensi langsung yang bisa detail. Pembelajaran lewat seminar tentu rata-rata hanya berdurasi 2 sampai 5 jam saja, meski ada pula yang lebih lama lagi. Untuk mengikutinya Anda harus membayar sejumlah tiket yang biasanya mahal dan sudah termasuk bonus makan.

Anda memang bisa bertatap muka langsung dengan informan (ahlinya), namun apakah otak Anda mampu menyerap dan menampung deretan informasi secara bertubi-tubi dalam waktu beberapa jam saja? Metode ini bagus dan Anda bisa diberi kesempatan untuk tanya jawab, namun durasinya singkat. Usahakan Anda mendapatkan materi dalam bentuk softcopy maupun yang sudah di cetak agar bisa mengingat-ingat pelajaran yang telah diterima selama seminar.

Belajar Lewat Kursus Langsung

Jangan di kira istilah kursus hanya untuk bidang tertentu seperti menyetir, menjahit atau memotret. Anda juga bisa mengikuti kursus internet marketing dan saat ini sudah banyak tersedia. Kursus semacam ini tentu termasuk dalam lembaga yang menyediakan pendidikan non formal. Metode ini begitu sangat bagus karena Anda akan berhadapan langsung dengan sang ahli atau orang yang bisa menjadi mentor serta sumber referensi.

Baca juga:  Beberapa Tipe Website untuk Sumber Backlinks Yang Berkualitas

Cara belajarnya seperti sedang sekolah biasa, dengan beberapa kali pertemuan setiap minggu sesuai program dan kesepakatan. Seluruh materi telah dipersiapkan, Anda tinggal mendengarkan dan mempraktekan. Jika kurang jelas bisa langsung ditanyakan tanpa perlu segan. Kelebihan lainnya adalah cara belajarnya yang bertahap dan Anda akan mendapat follow up. Berbeda dengan seminar yang hanya dilakukan sekali saja.

Belajar Lewat Kursus Online

Metodenya hampir sama dengan kursus langsung. Anda akan berkomunikasi langsung dengan sang ahli yang akan menjadi mentor. Namun kemudahannya adalah Anda bisa belajar dari rumah, tanpa perlu pergi ke tempat kursus. Namanya juga online, yang dibutuhkan adalah koneksi internet dan memanfaatkan layanan komunikasi seperti sosial media maupun video call. Waktu belajar bisa disesuaikan dengan kondisi, pagi, siang atau malam tergantung kesepakatan. Meski metodenya dilakukan secara online namun Anda juga bisa mengadakan gathering untuk lebih lanjutnya.