Menyambut-Hari-Raya-Nyepi

Hari raya Nyepi sebentar lagi akan dirayakan oleh umat Hidu di Indonesia pada tanggal 21 Maret 2015. Berbeda dengan kebanyakan hari raya yang selalu identik dengan keramaian, hari raya Nyepi malah berlangsung sepi dan sunyi tanpa ada aktivitas apapun. Saking sepinya, lampu pada setiap rumah orang yang merayakan nyepi ini haruslah padam, tak boleh menyala. Bagi yang melanggar aturan nyepi ini akan mendapatkan sanksi dari petugas Adat. Semua hal ini dilakukan umat Hindu untuk memohon kepada Tuhan, untuk menyucikan Bhuana Alit atau alam manusia dan Bhuana Agung atau alam semesta.

Meskipun hari raya Nyepi ini akan berjalan dengan sepi, namun bagi pebinsis yang mau memanfaatkan momen ini, tentu akan menjadi peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang tentunya tidak ikut-ikutan sepi. Hal ini disebabkan, hari raya Nyepi yang berlangsung dengan beberapa upacara seperti upacara Melasti, upacara Bhuta Yajna, dan Ngembak Agni akan membutuhkan beberapa perlengkapan. Nah disinilah peluang Anda untuk membuat perlengkapan yang akan mendatangkan keuntungan besar bagi bisnis Anda. Lalu bisnis menjanjikan apa saja yang sebenarnya bisa dikerjakan saat hari raya Nyepi ini? Berikut ulasannya

1. Produksi dan Menjual Canang

Usaha menjanjikan pertama yang bisa Anda lakukan menjual Canang. Canang yang seringkali digunakan dalam upacara keagamaan Hindu ini akan selalu menjadi unsur penting dan dibutuhkan. Canang ini nantinya akan digunakan sebagai suguhan untuk tamu yang sangat dihormati. Canang ini nantinya juga akan dilengkapi dengan alas ceper atau daun pisang berbentuk segi empat yang di atasnya disusun plawa, porosan, urasari, dan bunga. Porosan dengan bahan utama sirih merupakan prasyarat sebuah Canang dapat dikatakan bernilai agama.

Canang-canang biasanya dijual dalam kemasan plastik dengan ukuran yang beragam. Ada beberapa pilihan saat Anda akan menjalankan bisnis ini, Anda bisa menjadi produsen, pedagang, atau kedua-duanya. Jika menjadi produsen, Anda harus membuat dan menjual sendiri secara langsung ke konsumen atau pedagang. Saat menjualnya, beberapa produsen canang umumnya melakukan kerja sama dengan para pedagang dengan cara menitip ke pedagang.Beberapa keuntungan ketika Anda menjadi produsen adalah Anda tak perlu lagi pusing-pusing memikirkan sewa tempat dan tenaga untuk berjualan dan bisa hanya fokus untuk memproduksi canang.

Baca juga:  Apakah Peluang Usaha Cuci Helm Masih Punya Potensi?

Untuk menjual canang ini ada hal-hal yang perlu Anda ketahui dan Anda perhatikan. Karena Canang ini adalah produk ritual, umumnya pembeli jarang yang akan menawar harga. Maka dari itu Anda sebagai penjual harus berbisnis dengan dasar keikhlasan dan kejujuran. Kejujuran ini sangatlah penting dalam berbisnis Canang, karena saat semua bahan baku mulai turun ke harga normal, harga canang ini sebenarnya akan menyesuaikan dengan sendirinya. Jika harga canang sari tak Anda kembalikan ke harga normal, bukan tidak mungkin Anda akan ditinggalkan konsumen Anda. Menjelang hari raya Nyepi, harga canang sari biasanya melonjak.

2. Produksi dan Menjual Dupa

Bagi umat Hindu, dupa adalah salah satu perlengkapan penting untuk sembahyang. Umat Hindu percaya bahwa dupa yang dinyalakan merupakan simbol Dewa Brahma saat bersembahyang di pura. Dan menjelang hari raya Nyepi, permintaan akan dupa akan meningkat drastis.

Untuk menjalankan bisnis dupa, Anda bisa memilih untuk menjadi produsen atau penjual. Untuk menjadi produsen dupa tentu Anda harus mengetahui bahan-bahan yang digunakan dalam membuat dupa seperti stik dupa dari bambu, serbuk kayu, minyak wangi, dan lem perekat, dan pewarna. Sedangkan untuk tahap-tahap pembuatan dupa sendiri meliputi penyiapan bahan, pembuatan adonan, pencelupan, pewarnaan, pengeringan, dan pengemasan.

Kuliatas dupa seperti aroma adalah kunci sukses bisnis dupa. Untuk memotong dan mencacah bambu menjadi stik, Anda memerlukan mesin khusus yang harganya sekitar Rp 5 juta. Meski modalnya memang lumayan besar, tapi potensi keuntungannya cukup sebanding dengan modal tersebut.

Baca juga:  13 Ide Peluang Bisnis Usaha yang SUPER Menjanjikan

3. Produksi dan Menjual Ogoh-ogoh

Terakhir, bisnis yang bisa Anda jalankan saat hari raya Nyepi adalah membuat atau menjual ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh yang merupakan patung besar yang berkesan menakutkan ini memang akan digunakan untuk diarak beramai-ramai keliling desa sehari sebelum hari raya Nyepi. Maka dari itu permintaan terhadap ogoh-ogoh akan selalu meningkat pada saat menjelang hari raya Nyepi ini.

Umat Hindu percaya bahwa ogoh-ogoh yang merupakan penggambaran Bhuta Kala ini bisa merepresentasikan kekuatan (Bhu) alam semesta dan waktu (Kala) yang tak terukur. Untuk membuat ogoh-ogoh saat ini Anda tak pelu lagi menggunakan bambu dan kayu, karena kebanyakan ogoh-ogoh sekarang dibuat dengan sterofoam agar lebih mudah.

Ogoh-ogoh yang telah Anda buat bisa Anda jual di kisaran harga Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta untuk ukuran besar, dan Rp 150 ribu hingga Rp 600 ribu untuk ukuran sedang dan kecil. Saat ini para produsen ogoh-ogoh ini banyak yang berkreasi dengan membuat berbagai karakter unik, lucu, dan terkenal untuk mengembangkan bisnisnya.