Reading

Membaca ada kuadrat setiap manusia dan kewajiban bagi setiap muslim. Membaca tidaklah hal yang mudah karena ketika malas menyerang rasa takut terhadap buku akan datang, dan membaca itu tidaklah hal susah juga. Melatih kegiatan Membaca ialah dengan produktifitas membaca.

Menurut para ahli membaca itu :

■ Tampubolon, pada dasarnya membaca merupakan kegiatan fisik dan mental untuk menemukan makna untuk menemukan makna dari suatu tulisan, meskpun dalam kegiatan banyak berupa pengenalan huruf-huruf.

Membaca diartikan sebagai kegiatan yang sering dijadikan hobi. Dengan membaca kita dapat menemukan passion diri, menambah wawasan dan dengan membaca kita dapat membuka dunia. Membaca itu menyerap 100% informasi yang dibutuhkan bukan membaca 100% informasi yang dituliskan oleh penulis. Maka dari itu terapkanlah 2 Langkah membaca :

1. Speed Reading

Speed Reading adalah Membaca Cepat. Degan membaca cepat 1 halaman beberapa detik dan mengetahui makna serta pesan isi buku yang anda baca. Teknik membaca kilat ialah fokuslah dan konsentrasi penuh serta menghilangkan hambatan dari dalam diri. Bekerja samalah dengan alam bawah sadar anda. Berkomitmenlah anda pasti bisa melakukanya. Sebaiknya membaca dalam posisi duduk, karena dalam membaca cepat dibutuhkan keadaan badan rileks dan santai. Dengan kondisi yang optimal apa yang dibaca akan masuk kedalam pikiran dengan optimal.

2. Deep Reading

Deep Reading adalah membaca mendalam, menyisiasati apa yang dibaca sehingga apa yang dibaca lebih teringat dalam waktu jangka lama. Deep reading dilakukan setelah anda melakukan proses speed reading. Dalam membaca deep rading ketergesaan tidak dibutuhkan disini yang dibutuhkan adalah pemahaman mendalam terhadap materi yang anda baca.

Setelah anda melakukan 2 Langkah membaca tersebut anda sebaiknya membuat kesimpulan, meresensi buku yang anda baca dan membagikan apa yang anda baca tersebut kepada sesama. Kesimpulan tersbut buatlah secara kritis dan kreatif.

 

Itulah 2 Langkah Membaca, Semoga Bermanfaat !