situs-wikipedia-bahasa-indonesia

Siapa yang tidak tahu situs Wikipedia? Menyedihkan jika Anda sudah mempergunakan smartphone, komputer maupun tablet dengan koneksi internet lancar tetapi masih belum mengetahui ‘kespektakuleran’ situs Wikipedia. Inilah situs Ensiklopedia Bebas yang memiliki hampir seluruh apa yang Anda ingin ketahui, dari berbagai macam kategori dan bidang.

Situs ini hampir sering menempati urutan pertama pada search engine dengan kata kunci tertentu. Situs ini juga tersedia dalam puluhan bahasa dunia, dan khusus untuk bahasa Indonesia saat ini diperkirakan sudah mencapai 350 ribu artikel lebih yang telah dibuat. Bayangkan, ratusan ribu artikel telah ada. Sebenarnya apakah Wikipedia hanya unggul dalam pemuatan artikel saja? Adakah sesuatu lain yang menarik? Tentu saja ada, dan pastinya masih berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

Berikut ini adalah 10 hal yang membuat situs Wikipedia menarik, khususnya untuk Wikipedia bahasa Indonesia.

1. Peristiwa Terkini

Dalam halaman utama Wikipedia, Anda akan menemukan kolom berjudul Peristiwa Terkini. Ini hampir seperti update berita yang tertulis tentang peristiwa-peristiwa penting yang terjadi. Menjadi sebuah referensi informasi bagi Anda meski update dalam fitur ini tidak terlalu sering. Jadi selain menjadi situs artikel pengetahuan, Wikipedia juga menjadi situs informasi terkini.

2. Kematian Terkini

Selain peristiwa terkini, dibawahnya terdapat informasi yang menuliskan Kematian Terkini. Aneh bukan? Apa maksud dari Kematian Terkini? Ini adalah informasi yang memuat daftar orang-orang terkenal atau tokoh-tokoh penting yang belum lama meninggal dunia.

Biasanya orang yang termuat dalam Kematian Terkini adalah tokoh politik, seniman, wirausahawan, olahragawan dan lain sebagainya. Kematian Terkini sebenanrya di tulis untuk update penambahan informasi pada artikel yang membahas seorang tokoh yang dimaksud.

Baca juga:  5 Jenis Konsep Website Yang Harus Kita Ketahui

3. Hari Ini Dalam Sejarah

Wikipedia selaku situs pengetahuan juga banyak menuliskan tentang sejarah. Nah, dalam halaman utamanya, terdapat pula kolom informasi Hari Ini Dalam Sejarah. Ini memuat tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari ini.

Misalkan hari ini adalah tanggal 17 Agustus, maka beberapa peristiwa masa lalu pada tanggal tersebut ditulis, seperti peristiwa pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia 1945, perang saudara di negara Amerika Serikat: Pertempuran Gainesville 1864, Gempa bumi berkekuatan 7,4 Mw mengguncang İzmit, Turki 1999, 500 bom diledakkan oleh teroris di 300 tempat di negara Bangladesh 2005 dan lain sebagainya.

4. Tahukah Anda

Kolom Tahukah Anda selalu di nanti-nantikan karena setiap hari informasinya selalu diperbaharui. Kolom ini merupakan penulisan informasi singkat yang dianggap unik, aneh dan menarik. Biasanya kolom Tahukah Anda berisi 4 informasi berbeda-beda kategori, dan jika Anda belum puas bisa mengklik arsip Tahukah Anda dan disana akan ada informasi singkat yang cukup banyak.

5. Gambar Pilihan

Setelah beberapa fitur diatas berupa tulisan saja, kali ini pada halaman utama Wikipedia terdapat pula kolom Gambar Pilihan. Tentu saja ini berisi gambar pilihan dari admin Wikipedia, bisa berupa gambar foto portrait seseorang, landscape, arsitektur, ilustrasi, lukisan, dan lain sebagainya. Beberapa hari sekali gambar pilihan di update. Namun Anda bisa melihat gallery Gambar Pilihan pada Arsip.

Baca juga:  6 Indikator Nama Domain Baik dan Bagus di Tahun 2015

6. Setiap Portal Memiliki Kolom-Kolom di Atas

Dalam Halaman Wikipedia terdapat opsi portal sesuai kategori, diantaranya adalah portal biografi, geografi, sejarah, ilmu, olahraga, teknologi, seni, ekonomi, budaya, politik dan lain-lain. Dan dalam setiap portal memiliki tampilan seperti Halaman utama Wikipedia, serta memiliki kolom-kolom diatas yakni Tahukah Anda, Gambar Pilihan, Hari ini dalam sejarah, dan lain-lain. Tentunya informasi yang ditulis sesuai dengan kategori portal tersebut.

7. Ada Banyak Kata Dijadikan Link

Wikipedia Bahasa Indonesia dengan ratusan ribu artikel didalamnya sering kali menempatkan kata yang juga dijadikan link. Jadi ketika Anda mendapati sesuatu kata yang tidak dimengerti dan merupakan link menuju artikel, Anda bisa langsung mengkliknya. Ini disebut dengan anchor text yang juga berfungsi menghubungkan satu artikel dengan artikel lainnya.

8. Konten Halaman Dapat Diunduh Dalam Ekstensi PDF

Wikipedia mempermudah bagi pengunjungnya untuk mengunduh konten halaman dan disimpannya dalam bentuk offline. Tidak perlu repot-repot karena Anda bisa mengklik “Unduh versi PDF” pada menu Cetak/Ekspor. Tidak perlu mencopas dan membuka Word, Anda bisa langsung mengunduhnya dengan cepat.